Jumat, 19 Mei 2017

JT 190517 : Savannah Tangani Kapal 10.000 Cosco Developemnt

Bagi pelabuhan di Amrik, menangani kapal diatas 6.000 TEUs beberapa tahun lalu masih sulit, khususnya pelabuhan Savannah. Tapi sekarang, kapal tergede sekalipun yakni Cosco Development (kapasitas 13.092 TEUs) dapat ditangani dengan baik.

Woooow, ajib bener. Gak salah kalo muatan sebanyak 10.000 TEUs dapat dibongkar dengan 6 crane dengan waktu 30 jam menjadi momentum berharga bagi pelabuhan Savannah. Klo istilah sekarang, sesuatu bingitz.

Cosco Development melakukan pelayaran perdana ke Amrik untuk menembus dominasi CMA CGM yang sempat melabuhan kapal terbesarnya CMA CGM Benjamin Franklin tempo hari. Kini Cosco melakukan hal serupa karena kebetulan sama2 satu konsorsium di Ocean Alliance.

Kekuatan Ocean Alliance memang cukup meresahkan bagi para pesaing yang kini hanya bisa menyaksikan sepak terjang anggota Ocean Alliance mengobrak-abrik servis di hampir semua rute. Katakanlah, CMA CGM mengoperasikan 13 kapal besar direct ke Jakarta.

Proses pengembangan pelabuhan Savannah masih terus dilakukan, seperti pengerukan hingga kedalaman 49 kaki dan mencapai 60 persen. Sementara kedepannya, kapal sekelas Cosco Developemnt bisa disandarkan di Savannah Harbour Expansion Project (SHEP).

Yang lebih menakjubkan, sebuah studi dari US Army Corps of Engineers menunjukkan bahwa impor barang via Garden City Terminal (GCT) akan menghemat USD 282 juta per tahun, saat pengerukan GCT selesai beroperasi di tahun 2021.

Jozz gandozz.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar