Selasa, 27 Desember 2016

JT 271216 : Zim Lebur Servis Pasifik Jadi Satu

Boleh dibilang hari gini pelayaran menjalankan servis sendirian – kecuali jarak dekat ya – dan kasarnya, nekat. Nah pelayaran Yahudi yang menggunakan nama Zim Line bakal menggabungkan servisnya mulai bulan April 2017 mendatang.

Kebanyakan aliansi, kebetulan akan mulai beroperasi di bulan yang sama, sehingga Zim pun mengantisipasi agar service level-nya gak terpengaruh banyak. Koq Zim gak ikutan aliansi strategis ? Entahlah, bisa jadi ke pertimbangan politis.

Mulai April 2017, Zim bakal menggabungkan servis NP1 dan NP3 (NP = Northwest Pacific) yang saat ini digunakan oleh anggota G6, menjadi servis baru. Selain menggabungkan servis yang ada, Zim berencana beli slot dari Cosco juga, namanya CEN service.

Selain melebur NP1 dan NP3, Zim juga berencana meng-upgrade ZCP yang menghubungkan Asia ke Amrik pantai timur alias US East Coast (USEC). Sementara Zim Seven Star service, tetap akan melayani Tiongkok, Asia Tenggara, ISC dan USEC.

Dengan terjadinya perubahan konstelasi aliansi strategis east-west trade menjadi 3 (tiga) aliansi baru yakni : 2M, Ocean Alliance dan THE Alliance maka perubahan struktural lainnya menunggu perjuangan individual carrier seperti Zim Line ini.

Sebelum mengerucut menjadi3, aliansi strategis sebelumnya ada 4 yakni : 2M (Maersk Line + MSC), Ocean 3 (CMA CGM, CSCL, UASC), G6 (H-L, NYK, MOL, APL, HMM, OOCL) dan CKYHE (Cosco, “K” Line, Yang Ming, Hanjin, Evergreen).

Perkembangan drastic selanjutnya, HMM menjalin slot-swap dengan 2M,  Cosco dan CSCL melebur menjadi China Cosco dan bergabung ke Ocean Alliance, bersama OOCL+ Evergreen, sedangkan sisa dari G6 dan CKYHE melebur dalam THE Alliance – kecuali Hanjin Shipping yang ambruk akhir Agustus 2016 lalu dan menyatakan diri pailit.

Sebelum akhir tahun, 3 pelayaran Jepang (MOL, NYK, “K” Line) mengumumkan akan mengintegrasikan operasi biz kontainer dalam satu wadah (entah apa namanya nanti), akan beroperasi mulai April 2017 sedangkan Maersk Line berhasil mengakuisisi Hamburg-Sud di awal Desember lalu.

Seperti apa kelanjutannya, yuuuk kita simak bareng2. Tambah ramping dan semakin seru aja nih.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar