Senin, 19 Desember 2016

JT 191216 : Benefit Maersk Akuisisi Hamburg-Sud

Di jaman serba susah dan duit selalu jadi permasalahn inti, agak susah memahami apa yang terbersit dalam benak manajeme AP Moller-Maersk untuk mengakuisisi rival berat yang saat dibeli, berada di posisi ke-7 (sebelum Hanjin rontok) Hamburg-Sud berada di urutan ke-8.

Ternyata tindakan manajemen APMM dianggap pas karena berbarengan dengan rencana memecah divisi pelayaran dan logistik, terpisah dengan divisi energi. Pemeringkat seperti Standard & Poors serta Moody’s merespon kurang bagus.

Namun dari sisi induk, divisi energi yang memberikan kontribusi sepertiga dari pendapatan APMM, jelas2 memerlukan justifikasi bahwa tindaka spin-off organisasi yang diusulkan bisa dibenarkan.

Akuisisi Hamburg-Sud (H-S) bakal menggantikan pendapatan yang hilang saat AP Moller-Maersk (APMM) mewujudkan spin-off diatas tadi. Maersk dikabarkan membeli H-S dengan jumlah yang gak disebutin angkanya. Pastinya angkanya gede bingitz.

Sekedar tahu aja nih. H-S merupakan pelayaran terbesar ke-7 di dunia, memiliki gak kurang 130 unit kapal berbagai ukuran dengan agregat total 625.000 TEUs. Bukan jumlah yag kecil dan pastinya ada skema rahasia dari APMM. Apa langkah selanjutnya.

Soalnya, yang santer dibahas adalah rumors Maersk Line akan mengambil-alih pelayaran yang tengah sekarat dan dalam proses penyembuhan dari Korea, Hyundai Merchant Marine (HMM). Namun yang membuat para pengamat terkesima, Maersk menarik H-S.

Akan ada strategi besar, apalagi H-S termasuk anggota aliansi strategis yang tidak memihak ke salah satu poros. Masih ada lagi pemain di luar sana yang masih nge-jomblo seperti Zim Line dan kini dalam masalah kesulitan keuangan juga.

Canggihnya lagi, H-S merupakan pemain terkuat North-South trade di Amrika Latin dan hingga saat belum terkalahkan. Sementara nama2 pemain local seperti CCNI dan CSAV sudah pupus dari dunia pelayaran sejak beberapa tahun sebelumnya.

Seperti apa gambaran industri pelayaran di tahun 2017 ? Sepertinya, Maersk Line sudah melakukan langkah2 yang diperlukan. Hanya saja, siapa bakal kena pusaran badai dan siapa yang akan terpental, masih harus dicermati lebih lanjut.

Take care …


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar