Kamis, 22 Desember 2016

JT 221216 : Kapal MSC Regulus Tabrak Kapal Nelayan

Ini bukan isu gede tapi tetap aja menyita perhatian. Sebuah kapal kontainer berkapasitas 13.092 TEUs MSC Regulus, dikabarkan menabrak kapal nelayan Ekuador (sebuah negara di Amerika Selatan) dan menewaskan 5 (lima) orang diantaranya.

Kapal nelayan bernama Don Gerardo berawak 17 orang dan 12 lainnya dikabarkan terluka – demikian menurut laporan American Shipper. Lokasi kejadian di area Zorritos-Tumbes sekitar 220 mil utara Peru dan kapal tengah dalam perjalanan dari Callao ke Lazaro Cardenas.

Menurut Angkatan Laut Peru, kapal nelayan tenggelam dan pihak MSC telah melaporkan ke otoritas terkait serta segera melakukan pencarian dan pertolongan pertama untuk para korban tabrakan.

Pihak MSC sendiri langsung menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian tersebut kepada pihak keluarga. Di sisi lain, otoritas Panama dikabarkan membuka investigasi atas kejadian tersebut dan pihak MSC akan membantu seoptimal mungkin.

Kapal kontainer milik MSC ini tengah bertugas di rute  Asia-West Coast South America + Mexico Andes Express/NEWACSA2. Rute ini dioperasikan bersama CMA CGM, HMM dan Cosco. Hamburg Sud, Hapag-Lloyd, Alianca, ANL dan CCNI hanya membeli slot.

Andes Express/NEWACSA2 mengoperasikan 12 (duabelas) kapal dengan kapasitas rata2 11.632 TEUs, rotasinya : Busan – Shanghai – Xiamen – Shenzhen/Chiwan - Hong Kong – Busan - Manzanillo (Mexico) - Lazaro Cardenas – Balboa – Buenaventura – Callao - San Antonio – Coronel – Lirquen – Mejillones – Callao - Lazaro Cardenas - Manzanillo (Mexico) -  Busan.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar