Senin, 12 Desember 2016

JT 121216 : HMM Gak Bisa Jadi Anggota 2M

Ini keputusan yang udah bisa ditebak jauh2 hari dan ternyata bener khan ? Pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM) yang sedang dalam proses penyembuhan gak diproses lanjut sebagai anggota, kecuali slot-deal semata.

Aliansi strategis yang sejak awal didisain sebagai perkumpulan pelayaran eksklusif dan merupakan 2 (duo) besar di industri pelayaran global, gak bisa mengijinkan HMM masuk menjadi anggota penuh. Maersk Line dan MSC menyampaikan kepada pers agar jleas posisinya.

Selama hampir setahun ini, HMM berupaya dan bernegosiasi agar bisa diterima menjadi anggota aliansi 2M. Selain ada pertimbangan komersial, tentunya bila HMM diterima menjadi anggota nama aliansi gak akan jauh dari HMM dan siapa coba yang diuntungkan ?

Emang sepele tapi dilematis khan ? 2M punya pertimbangan lain. Maersk Line dan MSC merupakan perusahaan pelayaran papan atas dan dari sisi keuangan cukup ok tetapi HMM khan baru juga bebas dari program restrukturisasi. So, gak ada pilihan saat ini.

HMM ditawari kejasama tuker-slot (slot-deal) selama 3 tahun dan kerjasama ini akan dimulai per bulan April 2017 mendatang. Kerjasama yang ditawarkan bisa slot exchange ato slot purchase antara ke-3 pelayaran dimaksud.

Maersk dan MSC sepakat akan mengambil-alih sejumlah kapal yang disewa oleh HMM dan dioperasikan bareng dalam kerangka kerjasama diatas. HMM diakui oleh 2M memiliki layanan bagus untuk Trans Pasifik (TP) makanya Maersk dan MSC tertarik abiiiz.

Langkah pas bagi HMM yang disaat sulit justru menggandeng 2M (sekitar bulan Juli 2016) dan tak lama kemudian Hanjin Shipping rontok di akhir Agustus 2016. Sempat timbul berbagai prediksi atas bangkitnya HMM dan jatuhnya Hanjin. Its over now.

Langkah dramatis yang ditempuh manajemen HMM saat itu adalah menegosiasikan kembali kapal2 sewanya serta mendapat diskon 20 % dari pemilik kapal seperti Danaos Corp., Eastern Pacific Shipping, Zodiac Maritime dll.

Artinya, langkah tepat yang telah menyelamatkan bendera HMM dari kehancuran, bahkan lebih fantastis lagi bagi pengamat, keinginan HMM menjadi bagian dari 2M Alliance. Entah sebagai anggota ato juga sekedar bagian dari sebuah kerjasama.

Acung jempol deh pokoknya. Akhir perjuangan dari HMM seperti apa, yuuuk kita lihat aja.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar