Rabu, 14 Desember 2016

JT 141216 : YML-Evergreen Merger ?

Ini nih satu lagi yang bakal ngisi kolom trending topic di industri pelayaran menjelang tutup tahun 2016. Kabarnya nih, para pembuat keputusan di Taiwan tengah merancang strategi memasukkan 33 % saham Yang Ming ke pelayaran Evergreen.

Pasalnya, Yang Ming Marine Transport (dikenal dengan Yang Ming Line / YML) termasuk pelayaran kawakan di negerinya dan Evergreen Line pun memiliki karakteristik unik dalam perkembangannya hingga besar seperti sekarang ini.

Walau susah, bukan berarti gak bisa. Perkembangan di luar sono, memaksa semua perusahaan (termasuk perusahaan pelat merah ato milik BUMN) harus melakukan konsolidasi. Merger antara COSCO + CSCL dan NYK, MOL, “K” Line dalam waktu dekat menginspirasi Taiwan.

Jika Tiongkok dan Jepang sudah melakukan hal penting tsb, ngapain musti nunggu lagi ? Begitu mungkin yang terpikir di benak para pengambil kebijakan di negeri Chiang Kai-sek. Malah jika gagal, bisa bernasib seperti Korea Selatan.

Masih beruntung Korea Selatan memiliki HMM yang tersisa dari 2 (dua) besar karena ditinggal oleh Hanjin Shipping (HJS) yang terpuruk karena isu kesulitan keuangan. HMM berhasil melewati masa krisis dan kini menggandeng aliansi besar 2M (Maersk Line + MSC).

Bulan lalu, Kementerian Perhubungan Taiwan (Ministry of Transportation and Communications) mengucurkan pinjaman lunak kepada Yang Ming maupun Evergreen sebesar TWD 60 milyar (= USD 1,89 milyar) karena merugi selama 4 kuartal ber-turut2.

Chen Ou-po, salah seorang anggota partai berkuasa di Taiwan, Democratic Progressive Party.sempat berujar, isu ini pasti susah ditempuh. Malah ada usulan, seandainya YML bisa di-merger dengan perusahaan pemerintah, Taiwan International Port Corp (TIPC).

Yang Ming menderita rugi TWD 33,8 milyar sejak 2009  dan TWD 13 milyar di masa 9 (sembilan) bulan pertama tahun 2016. Evergreen pun merugi TWD 7,46 milyar di periode 9 bulan pertama tahun 2016. Hmm … serem juga ya.

Kenapa juga TIPC yang dipilih ? TIPC mengelola 7 (tujuh) pelabuhan besar di Taiwan :  Keelung, Taichung, Kaohsiung, Hualien, Taipei, Suao dan Anping – selain itu memiliki biz di angkutan ferry, domestik dan industri pendukung kepelabuhanan.

Selanjutnya, kita tunggu perkembangan menarik di Taiwan yuuuuk.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar