Selasa, 01 November 2016

JT 011116 : Trio Samurai (NYK, MOL, “K” Line) Bersatu ?

Untuk menyiasati kusutnya perekonomian dunia, banyak pelayaran beraliansi ato jika punya duit, mengakuisisi skalian biar gak ribez. Hitung2 mengurangi kompetisi tapi juga memiliki network secara mudah dari pelayaran yang dibelinya.

Isu baru mulai mengemuka saat 3 (tiga) perusahaan pelayaran Jepang yang dikabarin bakal berkongsi satu sama lain dan ini bakal mengubah lagi peta kekuatan industri pelayaran, yang saat ini terus berubah mengikuti tren.

Pasti ada yang keppo, apa lagi sih ? Merger ato akuisisi ? Entahlah apa namanya, yang pasti MOL, NYK dan “K” Line bakal bersatu padu dalam sebuah perusahaan kerjasama, setidaknya hingga 01/04/2018 mendatang.

Jangan banyak berasumsi dulu. Intinya, perusahaan patungan yang akan digagas 3 (tiga) pelayaran besar Jepang ini bakal dideklarasikan tgl 01/07/17 dengan komposisi kepemilikan NYK (38 %), MOL + “K” Line (masing2 31 %).

Perusahaan patungan yang blon dikasih nama ini, ini didanai senilai JPY 300 milyar (= USD 2,86 milyar) dan diprediksi bakal menghasilkan pemasukan JPY 110 milyar per tahunnya. Total armada container yang disatukan ini nantinya menjadi 1,4 juta TEUs. Not bad ‘lah.

Bagi perusahaan mana pun di dunia, gak ada pilihan lain selain memperkuat entitas melalui kekuatan finansialnya ato skalian aja merger klo udah kepepet. Kini semua pelayaran besar harus memilih ato terlibas seperti halnya Hanjin Shipping (HJS).

Yuuuk kita ikuti aja perkembangan lebih lanjut dari trio samurai ini di industri pelayaran global. Waspadai kisruh pemutusan hubungan kerja (PHK) karena disadari ato tidak, merger selalu didorong untuk menciptakan efisiensi, yang ujung2nya pasti ke PHK juga.

Watch Out !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar