Rabu, 16 November 2016

JT 161116 : Korea Line Beli Aset Hanjin

Sungguh gak terduga dan gak banyak yang mengira Korea Line bakal mengambil-alih asset Hanjin Shipping (HJS) yang berbasis kontainer karena Korea Line sendiri bergerak di bulk dan angkutan LNG (gas alam cair).

Sebelumnya, Korea Line dan Hyundai Merchant Marine (HMM) disebut2 sebagai pembeli potensil asset HJS namun secara gak keduga muncul Korea Line yang rupanya berminat untuk melakukan diversifikasi usaha, salah satunya masuk sektor biz kontainer.

Lantas, pasti banyak yang bertanya2 dunk, Korea Line bisa dapetin asset HJS karena memang kompeten ato karena pertimbangan lain ? Menurut pihak penilai yang dipercaya untuk ngejual asset HJS, pihak Korea Line menawar dengan harga lebih bagus, termasuk mempertahankan karyawan yang ada.

Hmm … luar biasa. Lagian buat Korea Line, bisa jadi pihaknya memang membutuhkan pegawai yang mengerti bidang biz container, yang selama ini belum tersentuh oleh Korea Line. Wajar aja klo pihak Korea Line juga ingin mempertahankan karyawannya, sama2 membutuhkan.

Lantas, dihargain berapa sih asset yang diambil-alih Korea Line ? Menurut pihak yang bisa dipercaya, nilainya sekitar KRW 250 milyar (= USD 215 juta) tetapi pihak HJS menolak berkomentar, saat diminta tanggapannya.

Beberapa orang yang mengetahui deal ini, Korea Line juga dapetin hak kelola 5 (lima) unit kapal HJS yang berkapsitas 6.500 TEUs. Hmm kayaknya lumayan murah deh, blon lagi plus jaringannya. Harga diatas merupakan harga yang pantas.

Klo mo jujur sih pihak HMM kecewa juga, koq malah pelayaran kecil yang dikasih kepercayaan mengelola aset HJS yang begitu luar biasa. HMM bisa memahami  keputusan tsb dan bila dipercaya, kedepannya pihak HMM siap ikutan tender lagi buat dapetin sisa asset HJS.

HMM dan Korea Line disebut2 tertarik juga dengan asset terminal yang dimiliki HJS.  Pelayaran ini dikenal memiliki jaringan biz bagus di Trans Pasifik (TP), karenanya asset terminal di Total Terminal International LLC juga ikut dilirik. Kabarnya, justru MSC yang bakal beli sahamnya.

Berita terkait Korea Line, silahkan baca JT 141116 : HMM + Korea Line Siap Akuisisi Aset Hanjin.

Nah, mana yang terbaik bagi HJS, just DO IT.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar