Senin, 14 November 2016

JT 141116 : HMM + Korea Line Siap Akuisisi Aset Hanjin

Walau masih sebatas usulan, tapi niatan untuk ngambil-alih asset milik perusahaan pelayaran Korea yang tengah sekarat ini perlu diacungi jempol. Paling ngga menyelamatkan asset bangsa dan kebanggan yang selama ini dipegang teguh Hanjin Shipping (HJS).

Hyundai Merchant Marine (HMM) dan Korea Line disebut2 sebagai peminat atas asset yang dimiliki HJS. HMM sendiri tertarik dengan asset terminal container di Kalifornia, selain membidik rute Asia – Amrik.

Satu kandidat lain yang menaksir asset HJ yakni Korea Line Corp., yang selama ini dikenal sebagai pemain dry-bulker dan LNG. Keduanya udah ngajuin proposal untuk ngebeli rute Trans Pasifik (TP) – sebagaimana dikutip oleh Wall Street Journal (WSJ).

Kedua pelayaran Korea tsb, berminat mengambil-alih Total Terminal International LLC (TTI) yang beroperasi di Long Beach Terminal, Amrik. Mengenai harga yang ditawarkan, kedua belah pihak menolak berkomentar.

Pihak pengadilan di Seoul yang menangani kasus kebangkrutan Hanjin dan mengontrol penjualan aset2nya tersebut, akan memutuskan siapa pembeli yang layak memiliki asset Hanjin dengan harga yang bagus. Perkiraan tgl 21/11/16 mendatang.

 Akhir Agustus lalu, pihak Hanjin mengajukan perlindungan kepailitan dan dengan gencarnya penjualan asset yang masih dimiliki ini, mengindikasikan tamatnya riwayat kebesaran sebuah imperium bisnis pelayaran Hanjin Shipping sebagai pelayaran ke-7 terbesar di dunia di ujung masa kejayaannya.

Pemerintah Korea akhirnya bersikap memihak HMM yang ingin memiliki asset Hanjin dan pihak Korea Development Bank (KDB) selaku pemegang saham mayoritas, kini mengendalikan penuh arah kebijakan HMM.

Stay Tune.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar