Selasa, 08 November 2016

JT 081116 : Merger NYK, MOL, “K” Line Jadi Ke-6 Terbesar Di Dunia

Rencana merger 3 (tiga) perusahaan pelayaran Jepang, yaitu MOL, NYK dan “K” Line bakal menciptakan pelayaran terbesar ke-6 di dunia. Disadari ato tidak, 7 pelayaran terbesar ini nantinya akan mengontrol kargo hampir 65 % di tahun 2018.

Begitu sih perkiraan media riset Alphaliner. Nantinya, perusahaan pelayaran yang blon dikasih nama ini, bakal mengoperasikan 1,37 juta TEUs di pasar global dengan porsi 6,6 % berdasarkan kemampuan yang dimiliki oleh 3 pelayaran dimaksud.

Walau blon dinyatakan secara resmi namun gaungnya udah mulai menggetarkan pihak lawan. Dulunya seperti gak mungkin melebur karena ego masing2 dan visi yang agak berbeda walau dari negara yang sama. Toh inspirasi RRCina akhirnya bisa mempengaruhi Jepang.

Tiongkok berhasil memaksa 2 (dua) pelayaran besar yakni COSCO dan China Shipping Container Lines (CSCL) melebur menjadi satu naungan. Kedepannya, bukan mustahil juga Taiwan yang memiliki 3 (tiga)  pelayaran besar akan melebur entitasnya ?

Sebut saja ada Evergreen, Yang Ming dan Wan Hai Lines (WHL). Apakah mereka akan berpangku tangan sementara kekuatan maritimnya digerogoti oleh kompetitor yang nota bene sesame pelayaran Asia ?

Gebrakan yang dibuat 3 besar dunia aja udah bikin repot. Siapa mereka ? Maersk Line, MSC dan CMA CGM. Pangsa pasar yang dikuasai mereka bertiga saking besarnya sehingga pada saat merencanakan P3-network akhirnya ditolak otoritas RRCina yang berwenang saat itu.

Timbullah sekarang ini yang namanya 2M, Ocean Alliance dan THE Alliance. Kedepannya, pergeseran kekuatan maritim dunia masih akan terjadi, apalagi bila kondisi ekonomi dunia gak bergerak membaik. Kondisi baik pun bisa berubah, apalagi memburuk ?

Kita lihat saja peta kekuatan industri pelayaran global hingga akhir tahun 2016. Seperti apa ya ? Baca juga deh JT 011116 : Trio Samurai (NYK, MOL, “K” Line) Bersatu ?


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar