Selasa, 18 September 2012

JT 180912 : NYK Rugi USD 571 Juta


Wooow ... ini gak main-main. Pelayaran ke-2 terbesar dari Jepang, NYK Line, dikabarkan menderita kerugian serius di tahun fiskal 2011 yang jatuh tempo 31/03/12. Kabarnya NYK merugi JPY 44,7 milyar (= USD 571 juta).

Biz liner trade turun 250 % dibanding profit tahun 2010 JPY 30,2 milyar. Kerugian yang diderita pelayaran terbesar ke-13 didunia ini, akibat tingginya harga minyak dan merosotnya uang tambang (ocean freight) serta overcapacity.

Performansi yang kurang menguntungkan di liner trade menjadi penyebab jebloknya prestasi NYK di tahun 2011. Namun kambing hitamnya sudah bisa ditebak, akibat membanjirnya pasok kapal kontainer berskala gede di rute utama Asia – Eropa (AE).

Pangkal keambrukan volume diduga sebagai dampak gempa bumi / tsunami di Jepang dan banjir besar di Thailand. Salah satu langkah untuk mengurangi kerugian kedepan, yakni slow-steaming guna mengurangi beban konsumsi bahan bakar.

Kabarnya, kalo berhasil program ini bisa menghemat JPY 30 milyar selama setahun. Kontribusi lainnya, penghematan di biaya variabel. Memang diakui ngga bisa menutup kerugian tetapi setidaknya bisa meringankan.

Take care.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar