Minggu, 09 September 2012

JT 090912 : APL Siap Order 10 x 13.800 TEUs


Kabar menggembirakan buat Pelanggan yang setia dengan servis APL. Pelayaran yang bermarkas di Singapura ini berniat memesan 10 unit kapal berkapasitas 13.800 TEUs dengan disain hull (lambung atau badan kapal) yang bisa menghemat bahan bakar hingga 20 % per TEU.

Press release yang digulirkan APL, disain lambung kapal terbaru ini akan bisa menghemat dana USD 3 juta per tahun per kapal di rute Asia Eropa (AE). APL merupakan afiliasi dari raksasa transportasi asal Singapura, Neptune Orient Lines (NOL).

Presiden dan CEO NOL, Cedric Foo menyebutkan, konstruksi kapal teranyar merupakan kapal terefisien dalam pengunaan bahan bakar yang pernah dibuat, untuk rute AE. Konsep orisinal ini digarap bareng dengan Hyundai Heavy Industries (HHI) dan Det Norske Veritas (DNV).

Kapal berdisain baru ini bisa melaju dengan kecepatan 15 knots (super slow) hingga 19,5 knots (slow steaming) walau idealnya bisa melaju dengan kecepatan maksimum 23 knots. Pihak DNV pun mengatakan kapal ini mendahului waktunya sehingga bakal dipastikan menjadi yang paling efisien. 

Sebagai pembanding. Sebelumnya pihak Maersk Line mengembangkan kapal hemat energi yang bisa menghemat bahan bakar hingga 35 % serta bisa mengurangi emisi CO2 hingga 50 %, untuk kapal-kapal berkapasitas 13.100 TEUs.

Siiiip lah, memang saatnya untuk berhemat ria.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar