Sabtu, 15 September 2012

JT 150912 : Ex Chairman Vinalines Ditahan Interpol


Kantor berita Reuters melaporkan, mantan petinggi pelayaran pelat merah terbesar di negeri semata wayang Vietnam, Vinalines, yang bernama Duong Chi Dung, akhirnya resmi ditahan pihak berwajib Interpol.

Selama masa kepemimpinannya, mulai dari tahun 2005 hingga saat menghilang di awal tahun 2012 lalu, Duong didakwa telah menggunakan milyaran dollar Amrik duit mitra kerja di dalam kerjasama operasi pelabuhan Cai Mep – Thi Vai.

Seperti diketahui, Vinalines memiliki kerjasama operasi di 3 pelabuhan besar, yakni : Cai Mep Port (CMIT) yang bermitra dengan APM Terminals, SP-SSA Port (SSIT) dan SP-SSA yang bergandengan tangan dengan PSA International.

Duong kabarnya ditangkap di salah satu negara ASEAN namun tidak disebutkan dan diekstradisi tak lama kemudian. Isu ekstradisi di Asia masih agak tabu, dibanding bila perkara ini pecah di kawasan Eropa ato Amrik, langsung dibuka secara transparan.

Selama periode 2007-2010 saja, kerugian yang diderita mencapai VND 252 milyar (= USD 10 juta) dari nilai investasi awal senilai VND 1,8 trilyun. Vinalines sendiri membukukan loss VND 43,1 trilyun dan inilah salah satu petaka nasional Vietnam.

Sejumlah proyek pengadaan dan perusahaan kerjasama, kini tengah diinvestigasi oleh pihak kepolisian Vietnam. Secara perlahan mulai terkuak borok perusahaan pelayaran Vinalines. Cepat menggelembung ternyata cepat ambrol ya ?

Ikut prihatin dan dan semoga kebenaran semakin kentara di bumi Vietnam.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar