Kamis, 30 Agustus 2012

JT 300812 : Cosco Jeblok, Rugi USD 767 Juta


Rangkaian kerugian perusahaan pelayaran terus menderu di tahun 2012. Kini giliran COSCO yang dikabarkan mengalami kerugian CNY 4,87 milyar (= USD 766,8 juta) di semester 1 – 2012, padahal tahun lalu gak separah ini.

Alasan kerugian, pasti dibebankan ke isu overcapacity alias kelebihan kapasitas muat dimana sejumlah kapal generasi terbaru, sudah mulai digelontorkan sejak tahun 2011 lalu. Isu lainnya, lemotnya perbaikan ekonomi Amrik dan krisis keuangan di benua Eropa.

Sektor kontainer, menyumbang kerugian hingga CNY 23,1 milyar di semester 1- 2012. Pertumbuhan di rute penting, katakanlah Asia – Eropa (AE), cenderung biasa-biasa saja namun kehadiran kapal-kapal besar diatas 13.000 TEUs ikut menekan harga.

Ibarat filem “Maju Kena Mundur Kena”, situasi sulit ini harus dihadapi agar tidak menimbulkan perang harga. Saat gong perang harga ditabuh, bisa dibayangkan sejumlah pelayaran akan berdarah-darah dan bisa gulung tikar ato tutup.

Armada kapal Cosco Container Lines saat ini berjumlah 166 unit (data hingga akhir Juni 2012) dan kabarnya, dalam waktu dekat akan merubah rotasi kapal untuk mengoptimalkan space kapal serta menambah jaringan moda transport via sungai maupun inland.

Akankah tetap bertahan industri pelayaran kedepannya ? Selalu ada ungkapan, patah satu tumbuh seribu. Jadi industri maritim, gak pernah ada matinye he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar