Rabu, 08 Agustus 2012

JT 080812 : HJS Balik Ke Portland


Pelayaran terbesar Korea Selatan, Hanjin Shipping (HJS), baru saja merevisi layanan masuk kembali ke Port of Portland setelah sempat cabut sejak sebulan lalu akibat aksi mogok yang dilakukan asosiasi buruh setempat, International Longshore and Warehouse Union (ILWU).

HJS menghentikan servis ke Portland sejak Juni lalu setelah terjadi perselisihan antara ILMU dengan operator terminal kontainer, yang berdampak pada menurunnya kinerja di pelabuhan Portland. Isu utamanya terkait penanganan kontainer reefer (berpendingin).

ILWU merasa kecewa karena pekerjaan plugging, unplugging dan monitoring kontainer reefer dikerjakan oleh International Brotherhood of Electrical Workers (IBEW). Menurut ILWU sepanjang area operasi di wilayah pantai timur Amrik, ILWU berhak menagih beban biaya.

Penagihan ini khusunya, untuk semua kontainer reefer di Terminal 6. Saat kekisruhan meruncing, HJS mengambil opsi memindahkan rute Portland ke Seattle. Katanya, produktifitas bila dibarengi perselisihan gak akan optimal.

Akhirnya, awal Juli diadakan pembicaraan antara ILWU, IBEW dan ICTSI (oh ya pengelola pelabuhan yang dimaksud) serta otoritas terkait, sepakat menyerahkan pekerjaan mengurusi refrigerated container kepada ILWU, sampai National Labours Relations Board memutuskan yurisdiksi yang tepat.

Awal Agustus lalu, HJS sudah mengoperasionalkan kembali rute Portland, dengan kedatangan Hanjin Mundra. Pelayaran lain yang rutin masuk Portland adalah : Hapag-Lloyd (H-L), Hamburg-Sud (H-S) dan Westwood Shipping Line (WSL).

Siiip deh kalo memang sudah normal kembali. Asyiiiik kerja lagi.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar