Sabtu, 04 Agustus 2012

JT 040812 : AirAsia Beli 49% Saham Batavia


Geliat maskapai penerbangan asing di Tanah Air semakin tak terbendung. Buktinya, AirAsia Berhad, maskapai penerbangan murah meriah (low cost-carrier / LCC) asal Malaysia ini bakal memiliki 49% maskapai Batavia Air.

Sisanya ? Yang 51% tetap dimiliki oleh PT Fersindo Nusaperkasa namun saham Yudiawan Tansari sudah ngga memiliki saham lagi. Perjanjian kerjasama ini diungkapkan dalam jumpa pers di Hotel Ritz Carlton hari Kamis (26/07) siang.

CEO AirAsia Berhard Tony Fernandes mengatakan kerja sama dengan Batavia Àir diharapkan bisa mengembangkan dua entitas secara bersama-sama. Tony menilai Batavia Air adalah maskapai yang bagus karena memiliki orang-orang yang hebat, punya banyak passion dan energi.

Tak kurang komentar SBY. Kepala Negara meminta akuisisi Batavia Air oleh Air Asia, maskapai asal Malaysia, harus mengacu pada Undang-Undang No.1/2009 tentang Penerbangan, dimana mensyaratkan kepemilikan saham mayoritas dipegang oleh domestik.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang Ervan mengatakan terdapat aturan khusus untuk pembelian saham yang dilakukan oleh pihak asing atau berasal dari luar negeri yang tidak boleh melebihi dari 49% total saham.

Yang pasti, transaksi proses jula-belinya sudah tuntas, tinggal tunggu ijin Kemenhub nih ? Semoga gak jadi polemik nasional.

Sumber : Bisnis Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar