Sabtu, 30 Juni 2012

JT 300612 : APL Terima Kapal 10.000 TEUs


APL - afiliasi NOL Group – baru saja mendapatkan kapal anyar APL Salalah berkapasitas 10.700 TEUs, akan menjadi saudara terdekat APL Southampton yang dibangun Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), Korea Selatan.

APL memesan 6 unit kapal diatas 10.000 TEUs ini di tahun 2007, sebagai bagian dari strategi korporasi untuk membangun armada yang mumpuni dimasa kini. Maklum saat itu, sejumlah pelayaran global sedang semangat2nya menggaungkan kapal diatas 10.000 TEUs.

APL gak mau ketinggalan, apalagi bila sesama rekan di The New World Alliance (TNWA) bersiap membangun armada yang sama sehingga harus bersiap sejak dini. Oh ya kapal APL Salalah akan bertugas di Loop 6 Asia – Eropa (AE) kelompok G6.

G6 merupakan merger 2 (dua) aliansi strategis, yakni Grand Allinace (G.A) dan TNWA. Dorongan ini maujud setelah MSC dan CMA CGM mengikat diri dalam suatu kerjasama di hampir semua rute. MSC dan CMA CGM merupakan pelayaran terbesar ke-2 dan 3 dunia.

Bisa dibayangkan bila servis mereka dilebur. Apa yang akan tersisa dan G.A serta TMWA akhirnya melebur diri menjadi G6. Begitu gambaran singkatnya. Oh ya, order 6 x 10.700 TEUs terbagi di 2 shipyard, 4 unit dibangun Hyundai Heavy Industries (HHI) dan 2 unit menjadi jatah DSME.

Sekarang, sudah klop dan tinggal bertempur. Siap ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar