Rabu, 27 Juni 2012

JT 270612 : APL Pun Lakukan Restrukturisasi


Sejumlah pelayaran global melakukan upaya restrukturisasi, termasuk APL – afiliasi Neptune Orient Lines (NOL). APL akan menggabungkan sejumlah departemen dan bakal mengurangi posisi strategis sehingga nantinya hanya akan keluar 2 (dua) jabatan vice president (VP).

Pastinya bakal ketat. Biasa deh yang namanya perampingan organisasi bertujuan menghemat biaya dan membuat jalur birokrasi menjadi pendek (baca : cepat tanggap). Salah satu yang bakal ditutup adalah regional office Eropa.

Menurut memo internal yang diperoleh Containerization International (CI), selain penyederhanaan di Eropa, kawasan Asia juga termasuk yang akan disederhanakan. Struktur organisasi hibrida antara fungsional dan geografis yang di miliki kantor Amrik pun akan dirombak.

Pun area Sales dan Customer Service bakal digabung menjadi Sales & Marketing, sementara bagian Purchasing akan menginduk ke departemen Keuangan – demikian bunyi laporan yang sampai di meja CI.

Area Filipina akan masuk zona Asia Selatan, sementara kantor di Lituania, Latvia, Portugal dan Swiss bakal dioperasikan dari Austria. Tampaknya 2 VP akan diokuskan ke Operasi sementara yang lainnya ke Komersil dan bertanggung jawab langsung ke CEO APL Kennet Glenn.

Presiden regional Asia Selatan, Goh Teik Poh digantikan oleh Jason Wong. VP Mideast Steven Dolan tidak digantikan oleh yang lain, walau dirinya dipindahtugaskan ke area Amrik. Mesir dan Saudi Arabia berada dibawah koordinasi MD saat ini, Aziz Toha.

Sementara untuk Uni Emirat Arab (UEA), MD-nya akan segera diangkat untuk mengurusi area UEA. Bahrain dan kawan Timur Tengah secara umum. APL menargetkan bisa mengurangi kerugian tahun ini, termasuk penghematan USD 70 juta.

Apapun yang dilakukan oleh APL, pasti diikuti pelayaran lain karena dampak ekonomi yang ditimbulkan sangat besar dan bisa berpengaruh terhadap kelangsungan hidup pelayaran bersangkutan. Bravo.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar