Rabu, 13 Juni 2012

JT 130612 : Maersk Line Umumkan Restrukturisasi Organisasi Pusat


Lagi, perusahaan nomor satu dunia yang malang melintang di industri kontainer dan terminal, Maersk Line, melakukan program restrukturisasi. Tanggal 12/6 akan dipresentasikan dan diberlakukan segera.

Yang pasti bakal ada pemangkasan jumlah orang yang terlibat dalam organisasi raksasa sebesar Maersk Line. Di kantor pusat saja diperkirakan akan pemangkasan SDM, dari 400 menjadi 250 orang saja. Siapa aja yang kena ?

Sebenarnya, isu ini sudah lama namun diimplementasikan dilingkup global (non-Centre) sejak tahun 2008, sementara level Kantor Pusat (Centre) baru akan diterapkan dalam waktu deka init. Isu ini digulirkan Maret 2012 lalu dan kini memasuki tahap pembentukan komite tengah berlangsung.

Tujuan utama penyederhanaan organisasi Pusat adalah pengambilan keputusan secara cepat. Selain itu, eksekusi maupun pendelegasian wewenang layanan diturunkan hingga ke level country offices seluruh dunia.

Tuntutan ini menantang petinggi Maersk Line agar bisa bertindak sebagai organisasi yang ramping dan efisien. Saat ini, pelayaran nomor 1 dunia ini mempekerjakan 25.000 orang di seluruh dunia, termasuk 2.200 orang di Kantor Pusat. 

Employee Consultation Committee segera dibentuk untuk menampung keluhan dan masukan karyawan yang bakal terlibas dalam program perampingan ini. Hal ini supaya dimaksudkan agar tidak menimbulkan gejolak dan berlangsung lancar.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar