Jumat, 15 Juni 2012

JT 150612 : MSC & UASC Operasikan Kapal Seri 13.000 TEUs

Semakin banyak aja khan, pelayaran global yang mengandalkan kapal diatas 13.000 TEUs. Buktinya, kali ini MSC dan UASC yang berkiprah dan berkonsentrasi menggempur Asia – Eropa (AE) dengan kapal super gede ini.

Kabarnya, pelayaran ke-2 terbesar didunia Mediterranean Shipping Co. (MSC) menyiapkan kapal baru MSC Renee (13.092 TEUs) di servis Lion yang melayani AE. Kapal ini menggantikan MSC Sola (11.660 TEUs) – demikian laporan media Alphaliner.

Lion service merupakan produk MSC terdahulu namun setelah akhir 2011 lalu bertunangan dengan CMA CGM, merek yang dipakai pelayaran Perancis ini dan menduduki rangking ke-3 operator kapal kontainer, memakai nama FAL 7.

Menurut Alphaliner, MSC Renee dikirim untuk shipowner E.R Schiffahrt di bulan Mei lalu dan merupakan kapal ke-7 dari pesanan neo-panamax yang dipesan sejak Juli 2007 dari galangan kapal Hyundai Heavy Industries (HHI).

Lain MSC, lain pula aksi United Arab Shipping Co. (UASC) tetapi intinya sama, menggempur pasar AE dengan kapal anyar berkapasitas diatas 13.000 TEUs. Belum lama ini, UASC mendapatkan kapal ke-9 Ain Snan.


Kapal ini dibangun di galangan Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan. UASC menyebutnya sebagai ultra-large container ship (ULCS) dan bisa menampung maksimal 13.500 TEUs namun dideklarasikan dibatas 13.100 TEUs dan masuk kelas “A13”.

Kapal A13 memiliki panjang 366 meter (3,5x panjang lapangan sepakbola) dan lebar 48 meter, sementara bobotnya 145.000 dwt dan dilengkapi 800 reefer slots. Kapal ini akan bertugas bersama kapal CMA CGM serta CSCL, makanya merek dagangnya jadi AEC8 / FAL 2 / AEX 7.

Rotasi pelabuhan AEC8 sebagai berikut : Hamburg – Zeebrugge – Jeddah - Port Klang – Shanghai – Ningbo – Shenzhen/Shekou - Hong Kong – Shenzhen/Yantian - Port Klang – Jeddah - Le Havre - Rotterdam - Hamburg.

Penamaan kapal ini berlangsung di Hamburg, Jerman, dihadiri oleh perwakilan operator terminal Eurogate, deputy harbour master Andreas Brummermann, kapten Nazr Ul Islam dan VP UASC – Eropa, Bjarne Ehlig-Jensen.

Cuma mau menghimbau, disaat pasar sedang lesu sebenarnya riskan mengoperasikan kapal-kapal gede diatas 13.000 TEUs. Namun berhubung tuntutan manajemen dan juga sudah kepalang jadi, mau tidak mau, harus diterjunkan.

Waspadai perang harga karena setuju atau tidak, hal ini bakal terjadi. 

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar