Minggu, 01 Desember 2019

JT 011219 : Cosco Merangsek ke Posisi 3 Dunia

Data statistik bisa aja berubah-ubah karena komposisi detil kepemilikan kapal pun dari satu penyedia informasi data kadang berbeda. Jadi jika ada klaim siapa yang terbesar dan siapa menggeser siapa, semoga datanya cukup bisa dipercaya.

Kali ini klo ngomongin siapa sih pelayaran yang terbesar di dunia sekarang ini, masih Maersk di posisi pertama dan Mediterranean Shipping Co. (MSC) di posisi kedua. Lantas yang ke-3 ? Selama kita mengenal ada CMA CGM Group.

Ternyata berdasarkan data terkini, posisi ke-3 sudah ditempati oleh Cosco Shipping (RRCina), sebelumnya ada di ranking ke-4. Kalkulasi ini berdasarkan hitungan bahwa Cosco melebur dengan China Shipping Container Lines (CSCL).

Ditambah lagi, beberapa waktu lalu saat Cosco mengakuisisi induk perusahaan OOCL yakni Orient Overseas (International) Ltd ato OOIL. OOCL sendiri masih eksis dan menggunakan bendera Orient Overseas Container Line.

Jaringan yang dikembangkan pun gak tanggung2. Terminal kontainer serta integrasi program OBOR (One Belt One Road) pemerintah RRCina di seluruh dunia, membuat gebrakan Cosco semakin masif dan terpadu. Yang digarap penuh yaitu Piraeus, Yunani.

Hingga akhir 2018, Cosco memiliki kapal kontainer 376 unit berbagai ukuran, total kapasitasnya 2,1 juta TEUs ato menempati ranking ke-4 dunia tapi nomor 1 di Asia. Cosco mengoperasikan 362 rute internasional + domestik.

Di akhir Maret 2019, total armadanya meningkat menjadi 478 kapal kontainer, dengan agregat kapasitas 2,7 juta TEUs. Dan Cosco masih punya order kapal gede dengan agregat 159.421 TEUs.

Cosco Shipping Holding menangani 30,6 juta TEUs selama kuartal 1 – 2019 (sekitar 6,67 juta TEUs merupakan kontrol penuh Cosco sedangkan 23,95 juta TEUs terminal yang dikerjasamakan bersama investor).

Itu aja gambaran bahwa Cosco sekarang meng-klaim sebagai penghuni ranking ke-3 opertaor global setelah Maersk + MSC. CMA CGM, Hapag-Lloyd ato siapapun, jika mo ngelawan yang diatas tadi, butuh kerja luar biasa tuh he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar