Selasa, 17 Desember 2019

JT 171219 : Hutchison Port Incar Rotterdam


Niatan juragan terminal berskala global, Hutchison Ports (Hong Kong) untuk mengambil-alih aset yang dimiliki APM Terminals semakin terang. Kedua belah pihak kabarnya sudah menandatangani kesepakatan.

Terminal yang diincar adalah APM Terminals Rotterdam, Belanda. Kabarnya terminal ini memiliki thruput 2,5 juta TEUs per tahun dan jika disetujui para pemangku kepentingan, bisa ok, Tetapi bila gagal, ya mulai lagi dari nol.

Otoritas dimaksud yakni dewan pekerja, badan anti-monopoli Belanda dan sejumlah ketentuan yang berlaku. Jika disetujui pun, piahk APM Terminals menjamin selama 5 tahun sokongan volume dari Maersk untuk terminal yang dibelinya ini.

Terminal seluas 100 ha yang dioperasikan oleh APMT Rotterdam ini semula adalah terminal yang dioperasikan oleh ECT tahun 1980an yakni di Maasvlakte I Delta Peninsula. Kemudian terminal ini dijual atas persetujuan Komisi Eropa ke APMT.

Alasannya, pada saat itu ECT mendapat restu membangun terminal Euromax, yang dikerjasamakan dengan perusahaan pelayaran blasteran Inggeris - Belanda P&O Nedlloyd (PONL). Belakangan PONL pun diakuisisi oleh Maersk.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar