Kamis, 12 September 2019

JT 120919 : Harga Jeblok, Servis Asia-Eropa Dibatalkan

Berbagai faktor bisa mempengaruhi operasional kapal diseantero dunia, salah satunya fluktuasi tarif. Indikasi tersebut, bisa disidik dari Shanghai Containerised Freight Index (SCFI) untuk Eropa Utara.

Di SCFI tercatat bahwa pergerakan tarif tujuan Eropa drop 6,2 persen pada tgl 6/9 menjadi USD 710 per TEU, sementara tarif ke Mediterania Barat / West Med turun 2 persen, menjadi USD 877 per TEU.

Pelelmahan tarif di rute Trans Pasifik (TP) + Asia Eropa (AE) disumbang oleh prakiraan acara Golden Week di daratan Cina awal Oktober mendatang, dimana semua pabrik2 akan tutup selama libur panjang tersebut.

Sebuah forwarder kabarnya sudah menerima “diskon gede” untuk tarif yang berlaku di bulan Oktober, karena bayang2 akan minimnya kargo yang berangkat. Artinya perusahaan pelayaran sangat khawatir dengan kondisi yang ada.

Tulisan teranyar dari Global Port Tracker (North European Container Hub) menyebutkan bahwa pihaknya pesimistis dengan angka impor di penghujung tahun 2019, alias gak akan ada lonjakan drastis.

Penulis analisis Ben Hackett masih menyebutkan bahwa posisi akhir tahun 2019 masih bisa dibilang positif tetapi awal 2020 nanti, sepertinya akan negatif. Owww ada apa kiranya ya ? Apakah dampak perang dagang antara Amrik-RRCina semakin meluas ?

Untuk meyakinkannya, cermati hal2 berikut ini supaya kita gak kecele membuat forecast untuk tahun 2020 dan juga membuat outlook 2019 yang terlalu optimistik. Dunia sedang bergerak ke arah yang kurang harmonis nih. Jangan dianggap enteng.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, aliansi strategis 2M (Maersk Line + MSC) bersiap menunda servis AE2/Swan loop dari akhir September, ato setara dengan penarikan kapasitas mingguan sebesar 20.000 TEUs. Sebuah angka yang waaaw bingitz.

Kapan akan kembali normal ? Sepertinya servis akan mulai berangsur pulih di pertengahan November 2019. 2M juga meng-IYA-kan blanked voyage untuk AE7 + Condor service di minggu 41, menjelang Golden Week, menggeser kapasitas 17.000 TEUs.

Aliansi lain, seperti Ocean + THE jua melakukan hal serupa selama Golden Week berlangsung serta menarik sekitar 150.000 TEUs, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas harga juga.

Selain isu Golden Week pastinya ada juga isu lain seperti fluktuasi harga minyak, peristiwa lokal disebuah negara hingga isu besar tadi seperti perang dagang antara Amrik-RRCina. Cermati perkembangannya supaya kita tahu benar permasalahannya.

Berita terkait, baca juga JT 090919 : Ekspor RRCina Turun 1 Persen Di Agustus.

Good luck !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar