Minggu, 08 September 2019

JT 080919 : Kapal Hyundai Glovis Terbalik


Sebuah musibah kembali terjadi. Dari website Maritime Bulletin diberitakan bahwa kapal khusus pengangkut kendaraan (car-carrier) Golden Ray terbalik, sekitar pukul 06.30 UTC 08 September, di St. Simons Island Sound, Brunswick, Amrik, ketika meninggalkan pelabuhan, menuju Baltimore.

Menurut USCG (US Coast Guard ato klo diterjemahkan bebas, Penjaga Pantai Amrik gitu deh), melaporkan bahwa semua kru berhasil dievakuasi dan dala kondisi aman. Semua lalu lintas di area tersebut ditangguhkan untuk sementara waktu.

US Coast Guard mengatakan ada 23 awak kapal dan kapten di dalam kapal. Semua selamat kecuali 4 (empat) anggota awak telah dievakuasi dengan aman dari kapal. Rupanya, cuaca tidak ada hubungannya dengan musibah ini. 

Sepertinya, kapal Golden Ray kehilangan stabilitas secara tiba-tiba, yang mungkin disebabkan oleh ballasting yang salah, ato pengangkutan kargo, ato massa air di geladak kargo. Banyak pengamat masih menebak-nebak sebab musabab. So, mending nunggu aja ya.

Mungkin, atau sangat mungkin, kapal sengaja diarahkan ke air dangkal dan membumi untuk menghindari terbalik dan tenggelam di perairan yang lebih dalam. Bisa dibayangkan kapal jika sampe tenggelam dan klaim yang bakal muncul ?

Kabarnya juga ada kebakaran kecil, menurut laporan USCG, dan masih menyala setelah kapal terbalik, api berada di geladak kargo. Namun demikian untuk kepastiannya menunggu investigasi lebih lanjut.

Car-carrier Golden Ray, dioperasikan oleh Hyundai Glovis Co. Ltd dan saat kejadian, tengah memuat ribuan kendaraan merek Kia Motors + Hyundai Motor. Hmm ... nangis Bombay deh nih ....

Untuk diketahui, Hyundai Glovis Co., Ltd. adalah perusahaan logistik yang berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan dan bagian dari Hyundai Kia Automotive Group. Perusahaan pendahulunya, Hankook Logitech Co. Ltd dibentuk pada Februari 2001. (Wikipedia).


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar