Jumat, 15 Februari 2019

JT 150219 : APL Vancouver Ditarik Ke Singapura


Kapal APL yang terbakar, yakni APL Vancouver (kapasitas 9.200 TEUs) saat ini dikabarkan tengah menuju Singapura, untuk keperluan inspeksi lebih lanjut oleh surveyor yang ditunjuk – merujuk keputusan minggu lalu bahwa peristiwa ini diumumkan sebagai General Average (GA).

Seperti diketahui, api sempat membara diatas kapal dini hari tgl 31/01 saat kapal sedang berada di perairan Vietnam, sementara APL Vancouver sedang dalam perjalanan dari RRCina menuju Singapura.

Kapal dan kru dievakuasi sesuai prosedur yang berlaku serta dari manajemen APL menyampaikan bahwa dalam insiden ini gak ada korban jiwa. Afiliasi CMA CGM Group ini terus memantau perkembangan dan pada tgl 07/02 lalu mengumumkan GA. 

Pihak CMA CGM sudah menunjuk Ardent Marine untuk membantu menyelesaikan prosedur akibat klaim yang ditimbulkan. Detilnya, silahkan ditanyak ke kantor perwakilan APL terdekat.

Lantas, GA itu apa ya ? GA adalah prinsip hukum kelautan di mana kerusakan dan biaya penyelamatan dibagi di antara pemilik kargo sesuai nilainya.


Sumber : Dari Sana-sini / Foto : berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar