Sabtu, 23 Februari 2019

JT 230219 : Agility Makin Dekat Dengan Panalpina


Klo ini jadian, pasti ada yang tersakiti dan berat bingitz rasanya. Adalah DSV salah satu pemain logistik kawakan papan atas di Eropa, setelah pinangannya atas Ceva Logistics, masa iya dengan Panalpina pun ditolak ?

Ini memang nego tingkat dewa, kita gak tahu apa yang diomongin. Kita sih cuma pengamat doank biar pasar logistik dan kompetisinya semakin seru dan tahu perkembangan teranyar he he he.

Sebuah sumber di Timur Tengah meng-IYA-kan bahwa Agility berminat dengan usulan merger dengan Panalpina tapi dari kedua belah pihak, blon ada yang kasih komen tentang perkembangan terbaru ini.

Klo pun ini maujud maka kombinasi Agility-Panalpina bakal ngehasilin revenue luar biasa gede yakni KWD 48 milyar (= USD 158 milyar) berdasarkan angka di tahun 2017. Hmm gede juga ya.

Semua pihak masih menahan diri dan bilangnya masih dalam pembicaraan serius alias early discussion, tahu2 dhuaaaaar. Mengagetkan jagat logistik global dan itu udah jadi kebiasaan.

Faktor merger biasanya harus bisa menampilkan keuntungan yang bisa diperoleh masing2 pihak, walaupun nantinya bakal berada dalam satu naungan. Pertama, jika, ini adalah perkawinan biz antara Eropa + Timur Tengah.

Agility bermarkas di Kuwait dan Panalpina berbasis di Swiss. Nantinya, Agility akan memperoleh pasar global melalui air freight sector, dimana Panalpina dikenal sangat kuat dalam armada angkutan udara dan memiliki armada pesawat 747 sendiri.

Panalpina mengangkut 995.000 ton kargo udara di tahun 2017 (ssst, hampir 1 juta ton Bro) hanya beda dikit dengan Emirat SkyCargo. Bagi Panalpina, mereka butuh sentuhan pasar Middle East dimana Agility memiliki jaringan yang dibutuhkan.

Minimal, Agility memiliki hub di Dubai International, DWC dan Jebel Ali dilengkapi 13 DC (distribution center) dan kantor komplit, sementara ground facilities di area Timur Tengah, Agility punya 15 unit.

Itu aja sih yang baru ketahuan. Yang lainnya menyusul deh. Wong masih early discussion he he he.

Sumber : HKSG. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar