Senin, 29 Agustus 2016

JT 290816 : Yangzhijian Shipbuilding Pendi 6.000 Orang

Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di Tiongkok gak terhindarkan juga. Ini secara langsung merupakan dampak langsung situasi ekonomi global yang blon pulih sepenuhnya. Sektor apa yang kena ya ?

Nyaris semua sektor kena tapi yang jelas disini, industri pelayaran dan penunjangnya seperti galangan kapal (shipbuilding), salah satunya. Galangan terbesar di daratan Tiongkok, Yangzhijiang Shipbuilding Holdings, tahun lalu mem-PHK 6.000 orang.

Kini gelombang kejut PHK berikutnya, siap mempensiunkan secara dini (pendi) 2.000 pekerja lainnya. Total jumlah pekerja di galangan ini 28.000 orang dan bila maujud semuanya program PHK ini, bakal memangkas 28 persen kapasitas SDM.

Yangzhijiang menjadi galangan kapal terbesar di daratan Cina, setelah Rongsheng Heavy Industries Group Holding menyetop operasi di awal tahun 2015 dan mengalami penurunan order hingga 50 persen di semester 1.

Yangzhijiang mengoperasikan 3 (tiga) galangan kapal dengan kapasitas 6 juta dwt per tahun. Kondisi inilah yang menyebabkan Zhingjiang harus melakukan efiensi di segala bidang, termasuk isu pendi pekerjanya.

Ikut prihattin dan semoga gak meng-invasi Indonesia. Masih banyak yang handal koq di negeri ini. Cuma timbul semacam kekhawatiran aja he he he.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar