Kamis, 25 Agustus 2016

JT 250816 : CMA CGM Vasco Da Gama Kandas Di SOU

Salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, CMA CGM Vasco Da Gama (kapasitas 17.859 TEUs) dikabarkan kandas di dekat pelabuhan Southampton, Inggeris. Lepas tengah malam, kapal tengah dalam perjalanan ke Southampton (SOU).

Menurut Splash 24/7, kapal berhasil diapungkan kembali dan mencari area aman untuk keperluan investigasi. Koq banyak kapal kontainer gede  kandas ya, entah di sungai2 besar Eropa maupun di lepas pantai sesaat sebelum masuk pelabuhan ?

Kapal gede lainnya yang sempat kandas juga dan cukup menghebohkan yakni saat CSCL Indian Ocean (kapasitas 19.000 TEUs) kandas di Sungai Elbe, Jerman sehingga menyebabkan lalu lintas alur kapal terganggu.

Bulan lalu juga ada kejadian, kapal Maersk Shams (kapasitas 9.971 TEUs) kandas di Terusan Suez saat ada konvoi 33 kapal. Kapal berhasil diapungkan kembali dengan bantuan kapal pandu yang senagaj didatangkan untuk membantu Maersk Shams.

Selain itu, masih ada deretan kapal kandas ato mengalami gangguan mesin, semisal APL Vanda (13.892 TEUs) yang kandas di Bramble Bank sekitar bulan Februari 2015 dan harus dibantu 8 (delapan) unit kapal pandu untuk bisa menormalkan kapal.

Yo wes, bawa kapal kudu ati2 aja supaya gak kandas mulu. Prinsipal bisa ngomel tuh dan barang2 sampe di tujuan rada telat khan he he he. Ikut prihatin ya.

Sumber : Dari Sana-sini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar