Minggu, 07 Agustus 2016

JT 070816 : Rickmers Menatap Peluang Pasar

Di era kompetisi yang serba ketat, dibutuhkan orang2 yang bisa menggali segala potensi dan melihat peluang dengan jeli, agar bisa menerapkan strategi pasar yang jozz dan mengena. Bila tidak, bisa bablas dan perusahaan merugi.

Demikian juga dengan juragan kapal Rickmers Maritime yang merasa optimistis bahwa pasar tahun 2016 masih cukup menantang walau kendala masuknya kapal2 gede masih menjadi penghalang besar. Juga pembukaan Terusan Panama setelah dipugar.

Saat ini, Rickmers Maritime tengah memprospek 11 (sebelas) unit kapal kontainer namun tanpa menyebutkan kapasitas terpasangnya di spot market. CEO Rickmers Trust Management (RTM), Soeren Andersen cuma bilang ya cukup sukses deh.

Industri pelayaran saat ini memang tengah bergejolak sangat ekstrim, selain penambahan kapasitas Terusan Panama yang bisa mengakomodir kapal2 gede, order kapal ultra large container vessel (ULCV) masih banyak, pun aliansi strategis semakin mengerucut.

Hal diatas, jelas2 membutuhkan sentuhan tangan dingin untuk bisa mengelola persewaan kapal dengan sangat hati2 tetapi untungnya Rickmers mempunyai nama besar karena kualitas sehingga pelayaran global gak perlu ragu.

RTM memiliki 16 unit kapal kontainer dengan kapasitas beragam, mulai 3.450 TEUs hingga 5.060 TEUs. Boleh dibilang ini pasar kelas menengah sementara pelayaran global memesan kapal2 diatas 10.000 TEUs keatas.

Ada kemungkinan pelayaran global akan memanfaatkan kapal sewa seperti yang dimiliki Rickmers untuk dijadikan feeder di hub port yang mereka miliki. Untungnya, 72 persen kapal yang ada sudah terpakai dan akan dibalikin tahun 2019 mendatang.

Sejumlah nama penyewa kapal Rickmers diantaranya : Maersk Line, MSC, CMA CGM dan MOL. Bukan nama sembarangan dan sepanjang harga sewa kompetitif, rasanya gak sulit buat kapal Rickmers mengibarkan panji keberuntungan.

Bravo.


Sumber : Splash 247.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar