Rabu, 27 April 2016

JT 270416 : HJS Bernasib Sama Dengan HMM


Nasib perusahaan pelayaran terbesar  Korea Selatan, Hanjin Shipping (HJS), kini nyaris sama dengan musuh bebuyutannya Hyundai Merchant Marine (HMM), yang membutuhkan suntikan dana segar.

Kabarnya nih, pihak HJS menjula sejumlah assetnya senilai KRW 410 milyar (= USD 357 juta) untuk memperbaiki balance sheet-nya guna menghindari krisis keuangan berkepanjangan dan bisa menyeret ke posisi menyulitkan.

Sejak 5 (lima) tahun lalu, HJS nyaris gak pernah menorehkan profit – demikian menurut catatan media Bloomberg. HJS berniat menjual asset bulk-shipping dan sejumlah asset properti yang dimilikinya.

Kreditor utama HJS yakni Korea Development Bank (KDB) udah nanyain rencana restrukturisasi keuangan HJS, dan langkah apa aja yang bakal diambil untuk menyehatkan kondisi keuangan HJS kedepannya.

Disebut2 juga, langkah HJS untuk menego ulang harga sewa kapal, yang dinilai terlalu tinggi (dibandingkan harga saat ini tentunya) dan ada diantara kapal sewanya harus dikembalikan tahun 2017 mendatang. Masih ada waktu dan lumayan deh klo berhasil nego.

Kondisi serupa sempat dialami HJS di tahun 2013 lalu. Saat itu HJS membutuhkan suntikan dana sebesar KRW 2,5 milyar dengan melego aset2 pentingnya dan HJS berhasil mendapatkan separo nila tersebut yakni KRW 1,9 milyar.

Apakah upaya kali ini berhasil mempertahankan HJS dari kesulitan serupa dan masih adakah asset yang layak untuk dijual dengan harga bagus ? Kita tunggu aja langkah selanjutnya HJS, sebagaimana ditanyakan pihak KBD.

Semoga lancar ya. Gak pengen denger sih ada kebangkrutan lagi karena bikin susah karyawan, apalagi investor. Kasian aja.

Sumber : Dari Sana-sini.

1 komentar: