Rabu, 13 April 2016

JT 130416 : IRISL Dekati Galangan Korsel + Tiongkok


Klo udah PDKT begini biasanya jadi nih he he he. Iran memang lagi naik daun di segala sektor. Orang yang jeli pasti bakal memanfaatkan pasar Iran sebagai sasaran tembak untuk transaksi dagang.

Bahkan pelayarannya pun, IRISL (Islamic Republic of Iran Shipping Lines) kabarnya banyak dilirik pelayaran global untuk bermitra. Apalagi kabar terakhir, IRISL tengah mencari galangan kapal yang sanggup membangun kapal 14.000 TEUs tapi harga cocok.

Ngebangun bisa tapi harga cocok, nah ini dia. Pasalnya, tahun 2008 lalu, IRISL memesan sejumlah kapal anyar dari Hyundai Mipo Dockyard (afiliasi HHI) tapi diblok karena sanksi negara-negara Barat yang nota bene antek dari Amrik dan sekutunya.

Sekarang, dengan rencana pencabutan embargo, IRISL ngebutuhin kapal lebih gede supaya bisa bersaing dan diakui di dunia internasional. Embargo boleh2 aja membelenggu Iran selama beberapa dekade tetapi harga diri kudu diatas segalanya.

Iran punya rencana jangka pendek hingga tahun 2020, bakal membangun armada pelayarannya secanggih mungkin. Ooops, ada apa nih. Bulan Oktober 2015 lalu, IRISL mengumumkan rencana investasi USD 20 milyar … brrrr ngeri kaliiiii !

IRISL ditarget bisa menambah agregat kapalnya sebesar 579.000 TEUs, jadi bisa dibayangin jumlah kapal yang bakal dibangun. Hmm … gak heran banyak yang naksir. Kekuatan tersembunyi ada di tangan IRISL.

Selain memperkuat armada kapal kontainer, IRISL juga bakal lebih yahud di biz kapal curah / dry bulk vessel. Total dwt yang diincar sebesar 2 juta. Saat ini IRISL mempunyai 87 kapal antar benua ditambah lagi 28 unit yang dikelola oleh afiliasinya.

Sinyal2 kuat, selain HHI yang bermarkas di Korea Selatan, Iran kabarnya bakal membagi kue-nya dengan Tiongkok karena kedekatan hubungan antara Teheran-Beijing dimasa sulit gak disangsikan lagi.

Uups proyek balas budi nih ? Entahlah. Sisi komersilnya tetap mendominasi penempatan order IRISL di masa datang. Bravo !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar