Kamis, 21 April 2016

JT 210416 : Muncul Yang Baru, Ocean Alliance


Konstelasi aliansi strategis antar-pelayaran global bakal mengalami perubahan besar dalam beberapa waktu ke depan. Seperti apa perubahannya dan se-ekstrim apa pergantian dan penambahan anggotanya ? Simak catatan terakhir yang sempat kami lacak.

CMA CGM, Cosco, Evergreen dan OOCL kabarnya sepakat membentuk Ocean Alliance untuk menandingi rival terbesar yaitu 2M (Maersk Line dan MSC). Maersk merupakan perusahaan pelayaran di ranking 1 sedangkan MSC pelayaran terbesar ke-2 di dunia.

Seperti kehadiran aliansi strategis sebelumnya, mereka ingin menyajikan servis yang terpadu di Asia Eropa (AE), Asia Med (AM), Asia Red Sea (ARS), Asia Middle East (AME), Trans Pasifik (TP), Asia Amrik Pantai Timur (AA ?) dan Trans Atlantik (TA)

Perjanjian tersebut menjadi tonggak sejarah Ocean Alliane (OA) dimana kedepannya aliansi lain seperti G6, CKYHE dan Ocean 3 (O3) harus berpikir keras melebur diri ato nyari kongsian anyar supaya tetep bisa eksis.

Komposisi gabungan ini bakal ngelibatin 40 servis global dengan tujuan Amrik dan Eropa. Semuanya bisa maujud klo otoritas terkait memberikan persetujuan dan rencana bakal beroperasi sekitar bulan April 2017. WOOOOW !

Masa kerjasama aliansi ini diprediksi 5 (lima) tahun. Perkembangan munculnya OA adalah setelah terjadinya merger antara Cosco Container Lines dan China Shipping Container Lines ((CSCL) menjadi entitas baru, China Shipping Cosco Group.

Selain fenomena diatas, CMA CGM juga punya gawe mengakuisisi APL – afiliasi NOL Group. Padahal APL juga merupakan anggota aliansi G6 dan Cosco anggota CKYHE serta CSCL anggota O3 – bersama CMA CGM.

Kabarnya, para petinggi OA udah ngedeketin otoritas paling berpengaruh di Amrik (FMC), Uni Eropa dan Tiongkok. Pangsa pasar OA kalo jadian nih, totalnya sekitar 26 persen dan kayak2nya bisa disetujuin.

Sebelumnya otoritas terkait menetapkan, sebuah aliansi strategis bisa disetujui bila pangsa pasarnya dibawah 35 persen. Kejadian penolakan pernah terjadi saat 3 pelayaran besar yaitu Maersk, MSC dan CMA CGM mengusulkan nama P3-network namun akhirnya batal.

Maersk Line dan MSC tetap lanjut dengan program aliansi 2M sedangkan CMA CGM akhirnya menarik CSCL dan UASC. Lantas bagaimana program aliansi sisanya ? Itulah yang akan menjadi fenomena menarik menjelang akhir tahun 2016.

Kejadian2 waaah, biasanya terjadi menjelang akhir tahun makanya kita sih cenderung nunggu perkembangan 3 (tiga) bulan kedepan. Akan ada apalagi ya ? Akankah anggota aliansi saat ini yang tergabung dalam G6, O3 dan CKYHE bergabung jadi satu ato pisah2 cari jodoh lagi ?

Wait and see ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar