Selasa, 29 Juni 2021

JT 290621 : Dampak Krisis Yantian Lebih Besar Dari Ever Given Di Suez

 

Saat kapal kontainer yang dioperasikan oleh perusahaan pelayaran Taiwan, Evergreen Marine kandas di Terusan Suez selama 6 (enam) hari, seolah dunia dibikin lumpuh karena rantai pasok barang2 kebutuhan masyarakat terkendala.

Hingga saat ini, kapal Ever Given (kapasitas 20.388 TEUs) masih trauma – andai dia bisa ngomong – dan ditahan oleh pemerintah Mesir karena dimintai untuk menyelesaikan biaya kompensasi sehingga menyebabkan keterlambatan disana-sini.

Pelabuhan2 di Eropa pun banyak yang terkena kongesti, sementara pasok kontainer kosong + kapal sedang sulit2nya, ocean freight melambung ditambah lagi, sejak Covid-19 merebak kembali di Yantian, produktifitas pelabuhan hanya sekita 30 persen dari yang seharusnya.

Enam hari saja, sudah membuat sibuk pasokan logistik terkendala. Kini tingkat keterlambatan kapal mencapai 1-2 minggu dan akibatnya bisa dibayangkan seperti apa. Bagaimana mengurainya di waktu2 mendatang ?

Hal tersebut diatas disampaikan oleh Lars Jensen, CEO Vespucci Maritime (sebuah Lembaga konsultan di Denmark). Yantian meng-handle 13,3 juta TEUs di tahun 2020 = 36.000 TEUs per hari.

Dan Yantian berkontribusi 1/3 dari perdagangan Guangdong + menguasai ¼ kargo RRCina untuk tujuan Amrik. Jika produktifitas Pelabuhan Yantian hanya 30 persen (dihitung dari diketemukannya Covid-19 baru) dari yang semestinya, akan ada potensi kontainer sebanyak 25.500 TEUs yang gak tertangani dan akan menggulung terus kedepannya. Jika diakumulasikan akan mendekati angka 375.000 hingga 500.000 kontainer hingga saat ini.

Sebagai pembanding, saat Terusan Suez terblokade dengan kandasnya kapal Ever Given akhir Maret lalu, potensi loss ato kehilangan perhari 55.000 kontainer saja. Itupun berlangsung hanya 6 (enam) hari saja.

Kondisi darurat ini menyebabkan sejumlah pelayaran besar memilih omit (gak masuk) Yantian + Shenzhen untuk 2 minggu kedepan. Harga pun otomatis berfluktuasi lagi akibat timpangnya ketersediaan kontainer, jadual kapal skaligus space kapal.

Sampai berapa krisis Yantian ini akan selesai, kuuuuuy kita simak bareng2 aja. Informasi terkait, silahkan baca : JT 120621 : Kongesti Yantian Dorong Rekor Tarif.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Yahoo News NZ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar