Senin, 28 Juni 2021

JT 280621 : Seaspan Corp. Panen Gede

 

Sukses besar yang diperoleh perusahaan pelayaran global, rupanya dinikmati oleh para juragan kapal yang punya gawe menyediakan kapal2 sewa untuk dioperasikan oleh perusahaan pelayaran lain.

Gak semua kapal sanggup dibeli karena keterbatasan modal tetapi ada juga dengan strategi jika memiliki kapal sewa, sewaktu-waktu tren volume sedang drop / menurun maka ada kebijakan bisa mengembalikan unit kepada sang pemilik kapal.

Salah satu juragan kapal yang kini didaulat menjadi lessor terbesar bagi sejumlah perusahaan pelayaran global, yakni Seaspan Corporation. Kabar terakhir, Sespan baru saja berhasil memperpanjang kontrak dengan pihak Cosco Shipping.

Wuiiiiih congrats ya. Gak tanggung2, 17 kapal kontainer berhasil diperpanjang masa sewanya hingga 3 (tiga) tahun kedepan dengan perusahaan pelayaran asal RRCina tersebut.

Sesuai perjanjian sewa dengan Cosco, ada 2 (dua) unit yang berakhir sewanya di tahun 2021 ini, 13 unit di tahun 2022 + 2 unit di tahun 2023. Kesemuanya diperpanjang untuk masa 3 tahun kemuka – demikian sebagaimana dilaporkan Splash 247.

Perpanjangn sewa kontrak ini saja sudah mendapatkan revenue sekitar USD 700 juta. Bing Chen selaku Chairman, Direktur + CEO Seaspan berkomentar dengan sumringah bahwa komitmen dengan mitra saat ini akan menjadi prioritas walau diakuinya order kapal baru di tahun 2022 + 2023 minim.

Tapi untuk tahun 2024, Seaspan akan mendapat 37 kapal anyar. Kuartal 4 tahun 2022 akan kiriman 2 (dua) unit saja tetapi opsi 2 x 12.000 TEUs kapal anyar ini, selain disewakan ada juga alternatif untuk dijual.

Selain Cosco, mitra kerja Seaspan lainnya yakni Maersk, MSC, CMA CGM + Hapag-Lloyd. Hanya Evergreen + HMM yang belum tertarik dengan tawaran Seaspan dan mungkin sudah ada lessor lainnya yang lebih dipercaya.

Jumlah armada Seaspan saat ini 129 unit kapal dengan total kapasitas mendekati 1 juta TEUs. Dengan tambaha order kapal anyar 39 unit (37 + 2 yang masih harus dikonfirmasi ulang), total kapasitasnya akan bertambah 600.000 TEUs.

Diantara kapal2 anyar tersebut, MSC langsung akan mengoperasikan 2 x 24.000 TEUs, 6 x 15.000 TEUs + 5 x 12.000 TEUs. Sementara kapal dual-fuel LNG akan dialokasikan 10 unit untuk Zim + 8 unit untuk ONE / Ocean Network Express.

Muanteeeeeep Seaspan !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar