Buntut dari kandasnya
kapal Ever Given (kapasitas 20.388 TEUs) di Terusan Suez selama
hampir 6 (enam) hari namun menyisakan persoalan besar, yakni tertahannya
kiriman barang Customer karena kapalnya jadi sandera pemerintah Mesir.
Pasalnya ada biaya
kompensasi yang dituntut oleh pihak pengelola terusan yakni Suez Canal
Authority (SCA) saat membebaskan yang kandas serta terusan sempat tertutup
untuk lalu lintas kapal hampir seminggu. Nilainya mendekati USD 1 Milyar !
Pasti teriak dunk
siapapun yang dikenai denda ato biaya kompensasi segede itu. Yang menarik
adalah operator kapal ini yakni perusahaan pelayaran Taiwan, Evergreen
Marine namun pemilik kapalnya yakni Shoei Kisen Kaisha yang berasal
dari Jepang.
Bagi importir di Eropa,
kabarnya sudah frustasi menanti kabar kedatangan MV Ever Given, pasalnya
sejumlah barang yang berada diatas kapal merupakan barang2 yang masuk kategori
sensitif waktu.
Seharusnya ada ruang
kompromi untuk menyelesaikan isu ini. Masing2 pihak hingga saat ini masih
bersikukuh dan menyalahkan pihak lain. Padahal selaku pemberi jasa +
pengguna jasa, bisalah dinegosiasikan. Semoga berhasil.
Pihak SCA
mempermasalahkan kecepatan kapal Ever Given (excessive speed) saat
dipandu oleh tim SCA hingga akhirnya kandas. Pihak asuransi P&I Club
menyatakan bahwa navigasi sepanjang alur terusan berada dibawah kewenangan
pilot pandu SCA. Nah khan … klo gini mah gak bakal kelar.
Rujukan sebalumnya,
silahkan baca : JT 310521 : Ever Given Diminta Tinggal Hingga 20/06, JT
280521 : Ever Given Masih Harus Tinggal Di Mesir, JT 230421 : Pengadilan Mesir
Tolak Permintaan Evergreen, JT 190421 : Pelaut India Galau Usai Kandasnya Ever
Given, JT 160421 : Mesir Enggan Lepas Kapal Evergreen, Jika Belum Bayar
Kompensasi, JT 100421 : Antrian Kapal Di Suez Terurai Paska Kandasnya Ever
Given, JT 290321 : Breaking News – Kapal Ever Given Berhasil Diapungkan, JT
250321 : Update 1 - Kondisi Kapal Ever Given Pasrah, JT 240321 : Ever Given
Sebabkan Antrian Di Suez.
Sumber : Dari
Sana-sini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar