Selasa, 04 Mei 2021

JT 040521 : CMA CGM Order 22 Kapal Baru

 

Industri pelayaran yang diyakini sebagian orang bakal kolaps 2-3 tahun ke belakang, karena marginnya yang sangat tipis, kini telah berbalik menjadi sebuah proyek menjanjikan dengan keuntungan yang hwarakadaaah.

Salah satu bentuk investasi dari keuntungan ini adalah membangun kekuatan armada kapal untuk menyongsong hari esok, yang tetap diyakini akan membaik juga. Gak salah dunk prediksi mereka dan wajib kita dukung.

Perusahaan pelayaran asal Perancis, CMA CGM kabarnya memesan 22 (duapuluh dua) kapal ke galangan RRCina, CSSC Group dan dicatat sebagai orderan terbesar yang dijatuhkan sebuah pelayaran ke satu galangan kapal.

Secara total, ke-22 kapal ini setara dengan penambahan kapasitas hingga 223.000 TEUs ato kenaikan sekitar 10 persen kapasitas terpasang. Sekarang kapasitas CMA CGM sekitar 2,7 juta TEUs.

Menurut catatan The Maritime Executive, pelayaran besutan Jacques Saade ini mengoperasikan 566 kapal, mayoritas kapal kontainer dan selain itu memiliki armada RO/RO.

Dari 22 unit kapal yang dipesan, nantinya akan dibagi menjadi 3 (tiga) kelas : 6 x 13.000 TEUS + 6 x 15.000 TEUs dan ke-12 kapal ini akan memiliki bahan bakar LNG. Sedangkan 10 x 5.500 TEUs dimotori VLSO.

Komitmen manajemen CMA CGM Group untuk melestarikan lingkungan patut diacungi jempol. Penggunaan kapal berbahan bakar LNG adalah salah satu upaya untuk mencapai carbon neutrality di tahun 2050. Visioner bingitz khan.

Minimal nih, target CMA CGM di akhir tahun 2022 harus mengoperasikan 32 kapal berbahan bakar LNG. Selain CMA CGM, ada Hapag-Lloyd (H-L), MSC, ONE dan Seaspan yang sibuk ngeborong kapal.

Dari sekian pelayaran besar, hanya Maersk yang belum mengumumkan order kapal anyar dikurun waktu 2020 hingga awal 2021 ini. Operasi senyap keleus ... dan buat CMA CGM, aje gile deh.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Offshore Energy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar