Jumat, 12 Juli 2019

JT 120719 : Online Biz Minimalisir Biaya Gudang

Pengiriman secara metode DROP berkembang pesat di era biz e-commerce karena memangkas biaya sewa gudang dan barang langsung dikirim ke produsen, grosir ato pengecer lain. Intinya lebih hemat.

Semua orang ingin fokus pada pemasaran dan tidak menghabiskan waktu dan uang untuk infrastruktur dan memegang produk. Mereka tidak punya waktu untuk berurusan dengan pergudangan dan biaya2 tak terduga lainnya – demikian ungkap Wakil Presiden eShipper Imtiaz Kermali.

Mereka ingin memusatkan sumber daya mereka pada konsumen akhir dan tidak terjebak dengan pemenuhan. Konsep diatas memiliki daya tarik yang kuat untuk pedagang online, terutama para pemula, lapor Loadstar London.

Pelanggan Brampton, perusahaan Ontario sebagian besar adalah perusahaan kecil dan menengah yang "mendapatkan akses ke sejumlah pemasok tanpa harus memesan dalam jumlah besar. Itu satu keuntungan besar," kata Direktur eShipper, Mo Datoo.

Masih banyak lagi perusahaan pemula ato start up yang memilih sistem pengiriman dengan DROP selain memotong banyak jalur birokrasi, juga dianggap bisa memenuhi kriteria perusahaan pemula. Apalagi sejak biz e-commerce booming ketersediaan gudang di Amrik khususnya, juga menjadi semakin terbatas.

Menurut penyedia perangkat lunak e-commerce Americommerce, 22-33 persen dari seluruh industri e-commerce menggunakan pengiriman drop sebagai model manajemen persediaan utama. Mengingat lonjakan biaya pergudangan, logistik dan ekspektasi Pelanggan yang tinggi, daya tarik konsep ini sepertinya tidak akan pudar dalam waktu dekat.

Hmm tantangan baru lagi nih. Pemanfaatan IoT, penggunaan drone dan adanya kemudahan metode pengiriman DROP membuat dunia biz dalam 5 tahun kedepan akan mengalami pergeseran significant.

Gambaran diatas memang tengah terjadi di belahan dunia sana tapi percayalah, lambat laun akan merembet juga ke Indonesia. Bersiaplah untuk selalu berubah karena iklim bisnis saat ini berbeda dengan periode sebelumnya.

Waspada, waspada, waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar