Selasa, 09 Juli 2019

JT 090719 : SHI Selesaikan Kapal Terbesar Di Dunia, MSC Gulsun 23.756 TEUs


Belakangan ini, pelayaran blasteran Italia-Swiss banyak mendominasi peluncuran kapal anyar dan nyaris selalu memecahkan rekor dari sisi kapasitas muatnya, Mediterranean Shipping Co. (MSC).

Galangan kapal yang dipercaya membangun kapal kontainer segede ini adalah Samsung Heavy Industries (SHI), Korea Selatan. Bukan nama baru tapi SHI menyampaikan bahwa kapal MSC Gulsun (kapasitas 23.756 TEUs) merupakan kapal kontainer terbesar saat ini.

Spesifikasi panjang kapal anyar ini yakni panjang total 400 meter ato seluas 4x lapangan sepakbola standar internasional, lebar 61,5 meter dan tinggi 33,2 meter. Wooow bingitz.

Prestasi lain SHI adalah saat di tahun 2015 berhasil mendapatkan tender konstruksi kapal kontainer terbesar saat itu dari Mitsui O.S.K Lines (MOL) sebanyak 4 unit kapal berkapasitas 20.100 TEUs.

Kini seiring perkembangan kompetisi terbuka di alam liberalisasi, SHI masih tetap eksis dan mencoba terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu yang terkuat didunia.

Kesempatan membangun armada baru ini datang setelah di bulan September 2017 dan pihak SHI menyanggupi membuat 6 unit kapal sedangkan 5 lainnya dibuat oleh Daewoo Shipping Marine Engineering (DSME).

Kapal anyar ini dilengkapi mesin utama, G95ME-C9.5, buatan MAN Diesel & Turbo. Kode “G” tadi merupakan disaib kapal teranyar dan menghemat bahan bakar serta bisa meningkatkan efisiensi tingkat dewa.

Congrats !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar