Kamis, 08 Agustus 2019

JT 080819 : Galangan Korsel Siap Hadapi Cina


Persaingan selalu menimbulkan ketegangan, apalagi bila sudah melibatkan antar negara. Sesama perusahaan dalam sebuah negara aja udah rame, apalagi melibatkan pemerintahan yang berbeda.

Adalah Korea Selatan (Korsel) yang cukup geram dengan aksi Tiongkok dalam melebur ato menggabung-gabungkan galangan kapalnya supaya lebih gede, mirip dengan sektor industri pelayaran-nya. Cina menganggap, klo mo gede, ya gede skalian, jangan nanggung2.

Blon lama ini, surat kabat Financial Times (FT) yang berbasis di London, merilis berita bahwa 2 (dua) galangan kapal yang bermarkas di Beijing bakal dimerger, yakni China State Shipbuilding Corp. (CSSC) + China Shipbuilding Industry Corp. (CSIC). Jadi apa nantinya, blon tahu juga sih.

CEO Hyundai Heavy Industries (HHI), Ka Sam-hyun yang menjadi galangan kapal terbesar didunia saat ini, menaggapi berita diatas dengan nada positif tapi jantung berdegup kenceng tuh he he he.

Menurutnya, shipyard Tiongkok akan bersinergi, lebih moderen dan memacu pengembangan teknologi sehingga akan semakin bersaing di masa depan. Pastinya, HHI ketir2 juga klo ngeliat apa yang sudah terjadi di industri pelayarannya.

Bagaimana orderan perusahaan pelayaran asing kedepannya ? Apakah akan tetap berkiblat ke Korsel ato mulai menoleh ke Cina juga ? Lagi, hanya waktu yang akan menjawa tapi kita tetap monitor secara seksama ya. Biar apdet terus infonya.

Sumber : Dari Sana-sini.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar