Kamis, 11 Juli 2019

JT 110719 : Temuan Kokain Terbesar Di Kapal MSC


Sebuah kontainer yang mengangkut kokain seberat hampir 20 ton, diatas kapal MSC Gayane (11.600 TEUs) yang berhasil ditangkap oleh pihak pengawas perbatasan Amrik (US Customs & Border Protection / US CBP), bisa jadi merupakan temuan kiriman terbesar narkoba hingga saat ini.

Kapal MSC Gayane sandar di Port of Philadelphia tanggal 16/06 lalu dan menghebohkan para pelaku bisnis hingga pengamat. Pendapat hukum menyampaikan bahwa kapal akan disita.

"Penyewa bertanggung jawab atas semua yang terjadi di kapal dan mengembalikannya kepada pemiliknya," ujar CEO Karatzas Marine Advisors & Co, Basil Karatzas. Hmm berat juga ya.

Kontainer yang gak terlibat dalam penyitaan kokain diatas, sudah dipindahkan ke kapal MSC lainnya. "MSC membantu dan bekerja sama dalam cara apa pun yang mungkin dengan pihak berwenang dan bukan target penyelidikan," kata pernyataan perusahaan.

MSC kemungkinan akan menanggung biaya harian untuk kurun waktu yang cukup panjang. Karatzas memperkirakan bahwa biaya docking bisa mencapai hingga USD 2.000 per hari dan biaya asuransi hingga USD 10.000 per hari.

Enam awak kapal telah dituduh berkonspirasi untuk memiliki kokain di atas kapal ini. Menurut Jaksa AS untuk distrik timur Pennsylvania William McSwain, petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (US CBP) memperoleh surat perintah untuk menggeledah kapal yang dioperasikan oleh Mediterranean Shipping Company, papar MarketWatch New York.

McSwain mengatakan, penahanan 11.600-TEUs berbendera Liberia yang dibuat pada 2018 kemungkinan disita di Amrik, dan penyelidikan federal akan terus berlanjut.
Bagaimana kelangsungan kasus ini. Simak terus liputannya disini.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar