Jumat, 05 Januari 2018

JT 050118 : KMC Dorong HMM Jadi Kekuatan Baru



Ini program gede2an yang bakal diwujudkan oleh Korea Maritime Corporation (KMC) dengan pelayaran yang dikerek meraksasa asal Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM) dalam beberapa tahun kedepan.

Kedua belah pihak bakal membelanjakan gak kurang dari KRW 3 trilyun (= USD 2,77 milyar) setidaknya buat ngebeli 20 unit kapal, termasuk diantaranya 9 x 20.000 TEUs. Ciyus nih ?

Rasanya baru kemarin HMM lepas dari perangkap bangkrut ato nyaris bangkrut, dan waktunya bersamaan dengan rontoknya perusahaan pelayaran nomor 8 di dunia saat itu, Hanjin Shipping (HJS).

Semua orang nyaris gak percaya HJS tenggelam, ibarat tsunami yang menghantam industri pelayaran yang datang bertubi2. Selain ditandai hilangnya nama HJS, industri pelayaran dalam 2-3 tahun ini tengah berkonsolidasi dan bermetamorfosa.

COSCO setelah melebur dengan China Shipping Container Lines (CSCL), juga blon lama ini mengakuisisi OOCL sedangkan APL dibeli oleh CMA CGM dan Hamburg-Sud akhirnya diakuisisi oleh Maersk Line.

Info diatas bagai angin segar bagi HMM. Merujuk "Bill on the Establishment of the Korea Maritime Corporation (KMC)" yang disahkan pada tgl 20/12/17 lalu dan sekarang membuka jalan bagi HMM untuk tumbuh tanpa hambatan negara .

Kementerian Kelautan dan Perikanan (MOF) Korea Selatan mengumumkan pada tanggal 21/12/17 bahwa mereka akan membentuk komite 7 (tujuh) yang dipimpin oleh wakil menteri, untuk menetapkan KMC pada akhir Juli ketika rancangan UU disahkan  menjadi Undang-Undang.

Kebangkrutan HJS sempat membawa berkah bagi Maersk Line dan MSC yang sempat menambah frekuensi kapal akibat kekosongan yang ditimbulkan saat itu. Kini HMM siap diorbitkan kembali mewakili keperkasaan bendera Korea.

Respon dari kebangkrutan HJS dan kebangkitan HMM diantisipasi oleh Jepang dengan melebur 3 (tiga) pelayaran besarnya (NYK, MOL, “K” Line) dalam satu wadah, Ocean Network Express – disingkat ONE.

Demikian pula perusahaan pelayaran Jerman, Hapag-Lloyd (H-L) merespon dengan membeli United Arab Shipping Co. (UASC), setelah sebelumnya sempat mengakuisisi CSAV asal Cile.

Lantas, akan seberapa perkasa dan kuatkan HMM setelah melewati masa2 sulit tadi ? Kita ikuti terus perkembangannya disini ya. Cheers.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar