Jumat, 21 April 2017

JT 210417 : Saham YML Di-suspend

Uups, ada apa lagi nih ? Gonjang-ganjing industri pelayaran blon juga beres saat aliansi strategis mulai beroperasi awal April 2017 ini, ditambah lagi dengan dikeluarkannya kapal terbesar di dunia MOL Triumph, tapi ternyata disalip lagi oleh Maersk Line.

Intinya persaingan antar pelayaran global gak pernah berhenti dan terus bakal menelan korban klo gak sanggup bertahan. Pilihannya, bergabung dalam sebuah aliansi pelayaran yang besar ato dilibas habis dan mati dalam kompetisi super dahsyat saat ini. Gitu kurang lebihnya.

Pelayaran ke-9 terbesar di dunia dan yang di tahun 2016 lalu diisukan bakal menjadi korban berikut dari keganasan kompetisi antar pelayaran global, rasanya mulai brasa nih. Sahamnya di-stop untuk diperdagangkan (suspend) hingga tgl 04/05 mendatang.

Isu kesulitan keuangan yang membelit pelayaran asal Taiwan yang bernama Yang Ming Marine Transport (lebih keren disebut Yang Ming Line /YML), sudah beredar sejak beberapa tahun lalu dan spekulasi terdekat, bisa ambruk bila gak segera ditolong.

Pemerintah Taiwan disebut2 bakal menggelontorkan paket bantuan untuk menyelamatkan industri pelayarannya senilai TWD 1,9 milyar  namun ternyata blon kunjung cair. Selain YML, disebut juga nama Evergreen yang bakal mendapat bantuan tsb diatas.

Sebuah analisa yang diterbitkan Drewry Financial Research Service (DFRS) menyarankan bahwa YML harus melakukan pembukuan laporan keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan agar bisa dicarikan jalan keluarnya.

Walau disebut2 posisi keuangan YML sudah parah namun juru bicara perusahaan menegaskan bahwa YML gak akan dijual ato bakal merger dengan pelayaran manapun juga. Bener nih ? Segala sesuatu bisa terjadi loh ?

Bagusnya bagaimana, yuuuk kita tunggu perkembangan terbaru dalam beberapa hari kedepan. Oh iya, untuk diketahui saja. Pemicu konsolidasi besar2an di industri pelayaran global, selain bangkrutnya Hanjin Shipping (HJS) di bulan Agustus 2016, juga dipicu oleh kondisi perekonomian dunia yang gak kunjung membaik.

Gitu aja dulu.

Sumber : Splash 24/7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar