Rabu, 19 April 2017

JT 190417 : MOL Triumph Kunjungi HK

Kapal terbesar (hingga minggu ini), MOL Triumph milik Mitsui O.S.K Lines (MOL) asal Jepang tengah berada di Hong Kong dan berlabuh di Hongkong International Terminals (HIT) setelah sejak minggu lalu melakukan pelayaran perdana (maiden voyage).

Kenapa juga koq ditekankan bingitz cuma sampe minggu ini gelar kapal terbesarnya (worlds biggest containership) karena ternyata Maersk Line dalam waktu dekat bakal dapetin kapal Madrid Maersk yang memiliki kapasitas hingga 20.568 TEUs.

Ooops, lantas kapasitas MOL Triumph berapa sih ? Hitung punya hitung, kapasitasnya 20.170 TEUs … hmm beda dikit tapi buat prestise lain ceritanya. Masak iya sih, udah bikin sejak 2 tahun silam, ehh disalip dalam tempo singkat ? Hadeuuuuh Maersk oh Maersk.

Spesifikasi kapal MOL Triumph yang hingga saat ini sering disebut monster lautan, memiliki panjang 400 meter, lebar 58,8 meter dan blon lama ini dinyatakan kapal terbesar oleh pihak MOL maupun pengamat internasional.

Cerita tentang Hong Kong (HK), sejak Tiongkok membuka begitu banyak pelabuhan besar, reputasi Hong Kong seolah tenggelam ditelan bumi dan secara berangsur-angsur banyak pelayaran global yang memindahkan servisnya ke daratan Cina.

Hong Kong dikenal mirip Singapura, sebagai hub-port karena kargo2nya banyak berasal dari daratan Cina. Dulunya sebelum Tiongkok memiliki banyak pelabuhan besar, Hong Kong merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan bersaing dengan Singapura.

Kini, Hong Kong tengah berusaha tampil kembali sebagai salah satu kekuatan di sektor kepelabuhanan dan gak tanggung2 kabarnya HIT melakukan pengerukan di dermaga hingga mencapai kedalaman 17 meter agar bisa menampung mega ship seperti MOL Triump.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar