Sabtu, 08 April 2017

JT 080417 : Kapal UASC Umm Salal Kandas

Setelah kemarin disuguhi drama kapal MSC Daniela yang memanas di tengah laut, gak lama setelah itu ada lagi kapal gede yang kandas di dekitaran lepas pantai Port Kelang, Malaysia. Gak fatal cuma cukup bikin heboh aja.

Pengertian kandas ato aground itu sebenarnya tersangkut karena memasuki kawasan tertentu dimana airnya cukup dangkal sehingga kapal gak bisa meneruskan perjalanan, kecuali menunggu air pasang dan kemudian bisa terbebas secara alamiah.

Kapal besar yang kandas hari Kamis lalu itu adalah milik perusahaan pelayaran United Arab Shipping Co. (UASC), namanya Umm Salal (kapasitas 13.000 TEUs) – sebagaimana dilaporkan oleh media Splash 24/7.

Biasanya, selain mengharapkan bantuan alam yakni berupa air pasang, juga dibutuhkan kapal tunda untuk mendorong supaya cepat terbebas dari kandas tadi. Gak disebutin ada kerusakan ato ngga-nya.

Kapal Umm Salal bertogas di AGX-1 dan saat kejadian sedang dalam perjalanan dari Khor Al-Fakkan menuju Port Kelang. AGX-1 mengoperasikan 7 kapal, dengan rotasi sbb : Xingang - Dalian - Busan – Shanghai - Ningbo - Shekou - Port Klang - Khor Fakkan - Jebel Ali - Abu Dhabi - Port Klang - Nansha - Xingang.

Kedepannya, seiring keikutsertaan UASC dalam THE Alliance, kapal Umm Salal akan bertugas di (menurut BlueWater Reporting) rute Asia – Eropa FE4 loop, yang memiliki rotasi : Busan – Ningbo – Shanghai – Rotterdam – Hamburg – Antwerp – Southampton - Shekou/Chiwan – Yantian-  Busan.

Syukurlah semuanya berjalan lancar.

Sumber : Splash 24/7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar