Kamis, 08 April 2021

JT 080421 : Maersk Sewa Kapal CSAV Yang Tersisa

 

Kebutuhan kapal – khususnya kapal kontainer - seberapapun kapasitasnya sepertinya dilalap habiz oleh pasar. Disaat puncak pandemi semua seperti dipaksa diet, tetapi paska adanya vaksin, seolah-olah masyarakat dunia yakin pandemi telah lewat.

Pelayaran yang sedang ekspansif Maersk, pun menyewa 4 (empat) kapal dengan prefix CSAV – sebuah perusahaan pelayaran asal Cile yang pernah eksis dan kini menjadi milik Hapag-Lloyd (H-L). Menurut media Splash 247, kontrak sewanya untuk masa 40 bulan.

Adapun ke-4 kapal yang disewa dengan prefix ato nama depan kapalnya CSAV, yaitu CSAV Tyndall, CSAV Toconao, CSAV Traiguen + CSAV Trancura, kesemuanya memiliki kapasitas 8.600 TEUs.

Kapal2 diatas, saat ini dikendalikan oleh juragan kapal Zodiac Maritime dan Eastern Pacific. Ngga ada detil perihal harga sewa untuk unit diatas namun kesemua unit dalam proses jual beli dengan pihak lain.

Tiga kapal pertama (CSAV Tyndall, CSAV Toconao, CSAV Traiguen) kabarnya sudah berpindah tangan ke JP Morgan dan kapal yang dibawah koordinasi Eastern Pacific, sudah di jual ke pihak XT Management Israel – sesuai info dari Alphaliner.

Ke-4 kapal CSAV ini merupakan laskar terakhir yang menggunakan prefix CSAV dan saat dilepas oleh H-L nantinya ke pihak Maersk, kapal2 diatas akan berganti nama juga. Kelak nama CSAV akan lenyap dari peta industri pelayaran dunia, jadi tinggal kenangan.

Satu per satu, nama pelayaran legendaris akhirnya tenggelam, CSAV ato Compania Sud Americana de Vapores di merger dengan H-L di tahun 2014 saat isu merger + akuisisi di industri pelayaran global sedang tren.

Harus diakui, sejumlah pelayaran besar semisal MSC + Hapag Lloyd pun harus melakukan strategi sewa kapal untuk mengakomodir kebutuhan pasar. Maersk pun melakukan hal yang sama, menyewa kapal untuk memenuhi kebutuhan internal.

Belum lama ini, Maersk memperpanjang sewa 3 x 4.600 TEUs classic panamax dari V Ship Hamburg (Northern Priority, Northern Promotion, Northern Precision). Masa sewa antara 24-27 bulan dengan harga USD 35.000 per hari.

Selain itu, Maersk pun menyewa unit lain dari Zodiac Maritime untuk periode 30 bulan, dengan harga sewa USD 32.000 per hari untuk kapal Xiamen (4.253 TEUs) + Nagoya Tower (4.252 TEUs).

Demikian update sekilas untuk Maersk.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Splash 247.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar