Rabu, 30 Oktober 2019

JT 3010119 : Kapal Seaspan Fraser Ditahan AL


Hingga akhir bulan Oktober 2019, hal yang sempat rame diperbincangkan adalah banyaknya kontainer yang tertahan gak bisa lanjut ekspor karena feeder-nya kapal Seaspan Fraser voy. 061N ditahan oleh pihak Angkatan Laut (AL).

Kapal ini dioperasikan oleh pihak COSCO (pelayaran RRCina) namun sumber perselisihan kenapa kapal ini di tahan pun masih simpang siur. Ada yang bilang kontrak yang gak jelas, ada juga alasan lain tapi gak diungkap secara jelas.

Intinya, atas permintaan vessel operator, untuk sementara jangan banyak memberikan tanggapan. Khawatir jadi salah kaprah. Tapi ALFI + GPEI dibuat geram karena memakan waktu satu bulan lebih dan gak ada juntrungannya.

Sementara itu Steven Lesawengan, Ketua DPC INSA Surabaya saat dikonfirmasi Ocean Week, Rabu pagi, menyatakan bahwa pada Selasa kemarin sore (29/10), pihaknya bertemu dengan pihak Cosco selaku agen dari kapal tersebut.

Saat ditanya hasilnya, tetap aja no comment. Pihak Ocean Week pun sempat kabarnya memanyakan kepada pihak TNI AL namun dijawab diplomatis dan bisa jadi, menyangkut kepentingan nasional. Uuups, klo ini mah berat – jika benar.

Jika dibiarkan berlarut2 bukannya hanya akan menimbulkan klaim yang besar akibat keterlambatan ato kerusakan barang tetapi juga kredibilitas Customer Indonesia di luar negeri. Hmm gitu ya.

Sebulan bukan waktu sebentar dan kita tunggu kejelasan selanjutnya dari pihak operator maupun owner’s of this vessel. Deg deg-an juga ...

Sumber : Ocean Week.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar