Jumat, 18 Oktober 2019

JT 181019 : Kuartal 3 RRCina Terburuk Selama 27 Tahun Terakhir


Kalo udah ngomong ekonomi RRCina, kayaknya kita kudu waspada bener. Negeri Panda yang selama ini begitu kokoh bisa mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi rata2 2 digit pun harus berhadapan dengan dampak perang dagang.

Kejadian yang gak semua orang inginkan adalah adanya ketegangan antara pemerintah Amrik + RRCina dalam mempertahankan kepentingan nasional masing2 dan diprediksi bakal berlangsung cukup alot dan lama.

Itu urusan politik ‘lah. Tapi dampaknya ke sektor ekonomi sungguh dahsyat. Buktinya dalam 27 tahun terakhir, hasil kuartal 3 tahun 2019, tingkat pertumbuhan ekonomi RRCina di kisaran 6 persen doang.

Secara statistik masih aman karena masih dalam lingkup target pemerintah yang mentapkan antara 6-6,5 persen di keseluruhan tahun (whole year). Cuma kalo kepleset dikit khan gak enak, bisa dibawah 6 persen.

Itu juga yang diwaspadai oleh Chief Economist dari TS Lombard, Bo Zhuang. Angka diatas disampaikan oleh juru bicara National Bureau of Statistics, Mao Shengyong, kondisi sulit akan bakal dilamai hingga akhir tahun. Artinya ?

Untuk diketahun, pertumbuhan ekonomi RRCina di tahun 2018 yaitu 6,6 persen. Jangan sampe jeblok karena pastinya akan menyulitkan semua negara tetangga yang langsung terkoneksi dengan Negeri Panda ini.

Waspada, waspada dan waspada.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar