Senin, 21 Oktober 2019

JT 211019 : Maersk Ditempel Ketat MSC


Sepertinya, posisi Maersk sebagai pelayaran terbesar di dunia terus didekati oleh rival sejati sesama mitra aliansi 2M yaitu Mediterranean Shipping Co. (MSC) yang disebut pelayaran blasteran Italia-Swiss.

Targetnya, dalam kurun waktu 2 (dua) tahun kedepan, MSC bisa melampaui Maersk sebagai The World Biggest Box Carrier. Emangnya punya persiapan apa buat menyalip Maersk yang terkenal doyan mengakuisisi pelayaran besar dunia.

Ternyata MSC punya tabungan gede, yakni order kapal kontainer gede (ka-ge) ato ULVC 5 x 23.000 TEUs dari galangan kapal Korea Selatan, Daewoo Shipyard & Marine Engineering (DSME).

Menurut rumah riset Alphaliner, nantinya MSC bakal punya 16 ka-ge ato setara 305.352 TEUs. Bagi Maersk sendiri sepertinya belum ada rencana akuisisi dalam waktu dekat sehingga bisa diprediksi jarak antara keduanya semakin dekat.

CEO Maersk, Soren Skou mengkonfirmasi bahwa Maersk akan konsisten di kapasitas 4,2 juta TEUs yang digelar diseluruh dunia dan kedepannya akan mendorong optimalisasi ketimbang berlomba menambah kapal.

Sebelumnya, Maersk dikenal dengan kontroversi membangun kapal terbesar semisal Emma Maersk 15.000 TEUs kemudian yang terakhir yakni Maersk McKinney Moller (tahun 2013). Bahkan ada juga ide membuat kapal 45.000 TEUs tapi hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut.

Kapal terbesar di dunia saat sudah dipegang oleh MSC yakni dengan beroperasinya MSC Gulsun, kapasitas 23.765 TEUs. Terus kenapa Maersk gak segarang dulu ? Ada masanya mas Bro, jadi simak aja perkembangannya ya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar