Jumat, 09 Agustus 2019

JT 090819 : Shipper Bakal Kesulitan Space Ke Eropa


Pertanyaannya, kenapa bisa begitu ? Kenapa ngga juga lah yaw. Melihat perkembangan belakangan, ngototnya perang dagang antara Amrik & Tiongkok serta dampaknya terhadap negara sekitar.

Klo situasi gak mendukung, pilihannya Customer memilih menahan beli barang, mirip dengan sikon saat Indonesia menghadapi pemilihan presiden alias pilpres di mid-April 2019 lalu. Volume barang seperti tersendat dan susah banget naiknya.

Kini giliran Eropa yang bakal dilanda kesulitan ruang kapal (space) akibat sejumlah perusahaan pelayaran membatalkan jadual reguler dan Pelanggan kudu siap2 dengan berbagai pilihan yang kadang gak bisa diterima akal sehat he he he.

Salah satunya,pelayaran CMA CGM yang bakal membatalkan servis Asia-Eropa di Loop FAL 1, jadual keberangkatan (ETD) dari Dunkirk 21/08 serta FAL 3, ETA RTM 11/09. Klo dilihat waktunya, cukup lama loh.

Pihak CMA CGM menyampaikan rencana pembatalan tersebut, fluktuasi antara permintaan + pasok barang (supply + demand) di rute Asia ke Eropa dan juga sebaliknya. Daripada merugi berat, mending dibatalin dulu deh.

Untuk diketahui nih, selain CMA CGM, mitra kerja di aliansi strategis pun melakukan hal serupa sehingga ditaksir sekitar 150.000 TEUs bakal lenyap dari statistik Agustus + September tahun ini. Sedemikian jelekkah prospek bisnisnya ?

Bagi eksportir, jelas pembatalan seperti membuat prediksi sedikit bergeser dan yang paling menjengkelkan biasanya uang tambang (ocean freight) lambat laun dikerek naik karena space kapal terbatas, permintaan bertambah he he he. Biasa, orang dagang.

Nah, dari sekarang mending udah bersiap-siap daripada pas hari-H malah kelimpungan cari alternatif. jadi selama Agustus - September bersiap2 dengan segala opsi. Go Hunting Go !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar