Jumat, 08 Desember 2017

JT 081217 : Akhirnya, Mantan Boss Hanjin Shipping Dipenjara



Setelah melalui proses yang berliku dan memakan waktu 1 (satu) tahun lebih akhirnya pengadilan Seoul menjatuhkan putusan kurungan penjara bagi mantan boss Hanjin Shipping, Choi Eun-young (55 tahun) selama 18 bulan.

Tuduhan yang didakwakan adalah insider trading. Choi saat itu dipaksa melepas saham di perusahaan pelayaran terbesar ke-8 didunia beberapa hari sebelum akhirnya dinyatakan gagal bayar dan bangkrut.

Saat bersamaan, sebenarnya pelayaran Hanjin Shipping (HJS) tengah berlomba dengan rekan senegaranya, Hyundai Merchant Marine (HMM) yang juga tengah melakukan program restrukturisasi.

Nasib berkata lain, HJS harus terperosok dan tenggelam serta meninggalkan jejak piutang terbesar selama sejarah pelayaran moderen berdiri selama 62 tahun, sementara HMM berhasil melaksanakan program restrukturisasinya dan lolos dari lubang jarum.

Pengadilan juga memaksa Choi untuk membayar denda sebesar KRW 1,2 milyar (=USD 1,09 juta) dan bagi Choi nilai segitu sih cetek. Maklum janda mantan penguasa HJS ini mewarisi kerajaan bisnis pelayaran gede setelah suaminya wafat.

Cho Su-ho merupakan salah seorang pewaris termuda di Hanjin Group dan Choi sempat menikmati masa kejayaan HJS antara tahun 2006 hingga April 2014. Rentang waktu yang lumayan panjang untuk pemimpin sebuah pelayaran raksasa (saat itu),

Kini Choi harus mempertanggungjawabkan semuanya dan keadilan gak akan kemana-mana.

Sumber : Splash 24/7.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar